Tes Swab 253 Orang setelah 8 Warga Sijunjung Terpapar Covid-19

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin. (Foto: Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten Sijunjung langsung bergerak cepat menindaklanjuti adanya delapan orang warga setempat yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyebutkan, delapan orang yang positif Covid-19 itu semuanya adalah petugas Lapas Kelas II Muaro Sijunjung.

Hal itu terungkap setelah dilakukan pemeriksaan 20 sampel swab oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand.

“Pagi ini delapan orang yang positif itu sudah dijemput petugas medis dan langsung dikarantina di BKPSDM Provinsi Sumbar di Padang. Sedangkan warga binaan telah dites swab sebelumnya dan dinyatakan negatif,” ujar Yuswir, Rabu (27/5/2020) seperti dikutip infopublik Sijunjung.¬†

Setelah itu, kata Yuswir, petugas medis akan mengambil sampel swab 253 orang dari keluarga delapan pasien yang terkonfirmasi positif. Untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium.

“Seluruhnya telah dilakukan isolasi mandiri dan diawasi Puskesmas Gambok,” katanya.

Dengan ditemukannya pasien positif Covid-19 itu, Yuswir berharap masyarakat tetap tetap tenang. Lalu, disiplin menetapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak, selaku cuci tangan, Tingkatkan imun tubuh dan selalu berdoa.

“Untuk warga Sijunjung yang dikarantina agar menjalaninya dengan tenang, patuhi prosedur kesehatan dan semoga segera diberikan kesembuhan agar bisa berkumpul kembali dengan keluarga,” harapnya.

Sebelumnya, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, jumlah warga Sumbar terkonfirmasi  positif Covid-19 bertambah 27 orang, Rabu (27/5/2020).

Dari jumlah tersebut, sebanyak delapan orang berasal dari Sijunjung.

“Dengan begitu, maka tidak ada lagi kabupaten dan kota di Sumbar yang terbebas dari paparan infeksi Covid-19,” jelas Jasman.(esg)