Pasien Covid-19 Dekati Angka 100, Nanggalo Catat Kasus Pertama

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani. (Foto: Humas Pemko)

Dua hari terakhir Kota Padang mencatat peningkatan signifikan jumlah pasien baru yang terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19).

Total kasus pasien positif hampir mendekat 100 orang. Sedangkan pasien sembuh berjumlah 15 orang dan 11 orang meninggal dunia.

Pada Senin (27/4/2020), Pemko Padang mengonfirmasi sebanyak 14 kasus, namun pada Selasa (28/4) jumlah pasien positif melonjak menjadi 18 orang sehingga total kasus positif virus Covid-19 di Kota Padang menjadi 96 kasus.

Jumlah tersebut menjadi peningkatan pasien positif Covid-19 paling banyak dalam sehari di Kota Padang sejak ditemukannya kasus pertama pada Maret lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, Ferimulyani mengatakan, lonjakan kasus positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil tracking atau penelusuran kontak pasien positif sebelumnya.

“Berdasarkan tracking itu hasilnya bisa diketahui dengan cepat dan dilakukan tindakan pencegahan lebih lanjut,” jelasnya.

Dari 18 kasus baru tersebut, Ferimulyani menyebutkan dua kluster penularan Covid-19 terbanyak yaitu Pasar Raya dan Pegambiran.

“Dari 18 kasus baru itu, enam di antaranya berasal dari kluster Pasar Raya Padang, yakni orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif sebelumnya. Sementara kluster Pegambiran menyumbang satu kasus dari 18 kasus baru tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ferimulyani menyampaikan, 18 pasien tersebut saat ini dalam proses pemindahan ke sejumlah rumah sakit (RS) rujukan di Kota Padang.

“Dari 18 pasien positif Covid-19 tersebut, di antaranya ada yang dirawat di RS, dan isolasi mandiri di rumah masing-masing serta isolasi khusus,” tambahnya.

Rincian 18 kasus baru positif Covid-19 itu tersebar di Kelurahan Andalas bertambah dua kasus, Simpang Haru bertambah satu kasus, Kubu Dalam Parak Karakah satu kasus, dan Parak Gadang Timur sebanyak satu kasus.

Selain itu di Kelurahan Gunung Pangilun terdapat dua penambahan kasus baru, Kuranji sebanyak tiga kasus, Korong Gadang sebanyak satu kasus, dan Kelurahan Kalumbuk sebanyak satu kasus.

Kemudian, kasus pertambahan juga terjadi di Kelurahan LubukBegalung (Lubeg) sebanyak satu kasus, Gurun Laweh satu kasus, Matoaie sebanyak dua kasus dan Seberang Padang sebanyak satu kasus.

“Selain itu Kecamatan Nanggalo mengonfirmasi kasus pertama pasien positif Covid-19 tepatnya di Kelurahan Kuraopagang sebanyak satu kasus,” ungkapnya.

Hingga hari ini, kelurahan yang ditemukan kasus positif Covid-19 sebanyak 40. Sementara dengan adanya kasus pertama di Nanggalo, maka total kecamatan yang telah ditemukan kasus positif Covid-19 sebanyak 10.

“Sekarang di Kota Padang tinggal satu Kecamatan lagi yaitu Bungus Teluk Kabung yang belum ditemukan kasus positif Covid-19,” jelas Feri.(adk)