293 Orang Perjalanan dari Daerah Terjangkit Korona, 94 Warga Asing

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar. (Foto: Arif)

Berdasarkan Data Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, hingga Senin (30/3) jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 14. Sebanyak 13 orang dewasa dan satu orang bayi. Berjenis kelamin laki-laki 9 orang dan perempuan 5 orang.

Mereka tersebaran di wilayah Desa Tuapejat 8 orang, Sipora Jaya 4 orang serta Siberut dan Sikakap masing-masing satu orang.

“Total ODP sebanyak 14 orang. Sedangkan yang melakukan perjalanan dari daerah terjangkit sampai 26 Maret 2020 sebanyak 293 orang. Di antaranya, terdiri dari 75 orang aparatur sipil negara (ASN), 94 orang warga negara asing (WNA), dan masyarakat umum 124 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat agar menyampaikan kepada petugas kesehatan bila 14 hari sebelumnya melakukan perjalanan dari daerah terjangkit.

Dia meminta masyarakat segera ke fasilitas kesehatan bila mengalami gangguan kesehatan. Kemudian, kata dia, yang terpenting, jaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat atau masyarakat dapat menerapkan jargon 7 Pesan sikerei dan lakukan phsycal distancing.(arf)