Sukses Wisuda Perdana, Rumah Tahfidz UPTD SDN 01 Situjuah Gadang

13
PERDANA: Suasana wisuda perdana di Siratul Jannah di UPTD SD Negeri 01 Situjuah Gadang.(IST)

Tak terasa sudah di bilangan dua tahun. Di mana Kepala UPTD SD Negeri 01 Situjuah Gadang Nurma, M.Pd memulai program tahfidz Quran. Menariknya ini dilakukan di sela-sela waktu senggang selama proses pembelajaran di sekolah berlangsung.

Tak ada tambahan waktu, karena masih berlakunya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Tapi, karena tekad sudah bulat untuk mewujudkan peserta didik di SDN 01 Situjuah Gadang menjadi peserta didik yang cerdas dan Qurani, beliau beserta guru tetap membimbing dan melatih peserta didik yang berminat untuk tahfidz Quran, Goalsetting-nya adalah jus 30.

Jumat, 27 Mai 2022, pada acara wisuda hafidz/ah angkatan pertamanya yang dihadiri oleh Bupati Limapuluh Kota, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra, S,Si dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Ibu Indrawati, S.Pd, M.M, unsur Forkopimda, OPD, Camat, Wali Nagari sekecamatan Situjuah Limo Nagari, Serta para undangan lainnya di UPTD SD Negeri 01 Situjuah Gadang. Kedatangan para undangan disambut dengan tari pasambahan yang ditampilkan oleh para peserta didik sekolah itu sendiri.

Dalam sambutannya, Ibu Nurma, M.Pd menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada peserta hafidz Quran atas terselenggaranya program di rumah tahfidz “Siratal Jannah” di UPTD SD Negeri 01 Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

“Sesuai dengan nama rumah tahfidznya, saya mendoakan semoga para hafidz dan hafidzah Quran memang akan menjadikan jalan masuk surga bagi kedua orang tua, para guru yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat, serta kepada donator yang berpartisipasi atas terselenggaranya program tahfidz ini. Semoga tahun depan akan bertambah jumlah wisudawannya dan kepada wisudawan yang akan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi agar tetap melanjutkan hafalannya,” ungkap beliau.

Sekelumit cerita perjuangan Ibu Nurma untuk menyukseskan program tahfidz di sekolahnya. Ekspetasi beliau terhadap rumah tahfidz “Siratal Jannah” penuh perjuangan pantang menyerah bersama guru-gurunya. “Kami mencari donatur bersama guru untuk pembiayaan honor guru tahfidz karena orangtua ada kurang mampu untuk menyumbang,” ucap beliau.

“Orangtua juga ikut berpartisipasi agar akan dapat menyetor hafalan kepada orangtua. Jika orangtua mereka tidak sempat maka saya akan datang jam enam pagi untuk meneriam setoran ayat mereka. Hal ini saya lakukan sebelum pukul setengah delapan pagi atau sebelum pembelajaran tatap muka dimulai,” lanjutnya.

“Kadangkala kami mengadakan kemping daurah di tempat terbuka untuk menukar situasi belajar agar mereka tidak jenuh dengan situasi yang monoton. Itu salah satu cara bagi kami agar para siswa kembali fokus dalam hafalannya,” ujarnya.

Goal setting Ibu Nurma ditahun depannya adalah memaksimalkan TPA di sekolah mulai belajar Iqra’, tajwid, dan belajar tahfidz, InsyaAllah bertambah jumlah wisudawan hafidznya dan juga dapat mengkhatamkan qur’an dalam jangka satu tahun.

Rasa bangga dan Apresisasi yang luar biasa juga disampaikan oleh Bupati Limapuluh Kota, Bapak Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. Begitu juga kepala UPTD SDN 01 Situjuah Gadang beserta stakeholdernya telah membantu visi dan misi pemerintah daerah yakni mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

SDN 01 Situjuah Gadang telah melaksanakan misi daerah Limapuluh Kota yakni dengan melaksanakan kegiatan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.

“Inilah harapan kita terhadap generasi penerus, mereka tidak hanya memiliki pengetahuan yang tinggi akan tetapi juga memiliki keimanan, ketaqwaan dalam menghadapi persoalan-persoalan mereka sehari-hari,” tegasnya.

Demikian juga, Deni Asra yang mengaku bahwa dalam sebuah organisasi agar tercapai tujuan bersama hendaklah membudayakan 5 K, yakni komunikasi, koordinasi, kolaborasi, kemauan dan komitmen baik secara intern maupun ekstern.Beliau juga mengapresiasi atas kreatifitas dan inovasi Ibu Nurma dengan ciptaannya “Mars SDN 01 Situjuah Gadang”.

“Kepada UPTD lain di kecamatan Situjuah Limo Nagari juga dapat menampilkan kreatifitas-kreatifitas dan inovasi-inovasi lain yang memotivasi diri khususnya di dunia pendidikan,” Kata beliau.

Sebanyak 20 orang siswa yang diwisuda, di antaranya ada yang mendapat predikat sangat, baik dan baik dalam hafalannya. Secara simbolis pemindahan toga dilakukan oleh Bupati Limapuluh Kota, Ketua dan wakil Ketua DPRD, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Limapuluh Kota.

Selanjutnya Bapak Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan rumah tahfidz Qur’an Siratal Jannah UPTD SD Negeri 01 Situjuah Gadang dengan melakukan pengguntingan pita. Harapan beliau agar rumah tahfidz ini akan melahirkan generasi penghafal Qur’an.

“Selamat kepada UPTD SD Negeri 01 Situjuah Gadang, semoga menjadi inspirasi bagi UPTD lainnya khususnya di lingkungan Kecamatan Situjuah Limo Nagari,” lanjut koordinator wilayah Kecamatan Situjuah Limo Nagari Ibu Syovieti, S.Pd.

Dari kesuksesan yang telah dicapai oleh SDN 01 Situjuah Gadang hari ini, orang tua atau masyarakat merasa khawatir dengan keberlanjutan program tahfidz ini. Hal ini disebabkan Ibu Nurma akan mengakhiri jabatan sebagai kepala UPTD dan kembali bertugas sebagai guru.

Namun Ibu Nurma meyakinkan masyarakat bahwa meskipun bukan beliau lagi yang menjadi pimpinan di sekolah ini, program ini tetap dilanjutkan oleh para guru lainnya. Beliau yakin guru-gurunya memiliki semangat kerja keras dan tekun.

Terimakasih Ibu Nurma atas kinerja dan sumbangsihnya semoga menjad inspirasi bagi kita semua. Barakallah atas ilmunya. (***)