Pengawas Sekolah Diberi Pembekalan, Siap Laksanakan Kurikulum Merdeka

76
TINGKATKAN SDM : Pembekalan pengawasan untuk persiapan pelaksanaan Kurikulum Merdeka.(IST)

Kota Payakumbuh makin memantapkan persiapan pelaksanaan Kurikulum Merdeka tingkat TK, SD, SMP. Itu ditandai dengan dilaksanakan pembekalan pengawas TK, SD, SMP dan Penilik di lingkungan Dinas Pendidikan kota Payakumbuh.

Pembekalan dilaksanakan Kamis, 12 Mei 2022, di ruang pengawas. Acara dibuka Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Dr. H. Dasril, S.Pd. M.Pd.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Kabid Pendidikan Dasar Fiki Rahmad, S.Kom, Kasi PNFI, Soni Taizar, S.Sos Kasi Kurikulum, Femiria Sari dan kasi PTK, Rahmawati. Materi pembekalan diberikan oleh Drs. Armi, M.M. Sebagai koordinator pengawas Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas waktu membuka kegiatan pembekalan menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan telah melakukan beberapa persiapan/proses untuk pelaksanaan kurikulum merdeka serta menjalin komunikasi yang baik dengan kemendikbudristek.

Pengawas diminta untuk mendata IKM di semua sekolah binaan, jika masih ada sekolah yang belum pada level dua, maka disarankan untuk dilakukan perbaikan.

Pengawas diminta untuk mengumpulkan semua ketua komunitas IGTK, KKG, MGMP, KKKS dan MKKS untuk menyamakan persepsi IKM, mencocokkan program, menyamakan persepsi terkait strategi IKM, penggunaan akun pembelajaran dan pembuatan perangkat pembelajaran.

Pengawas juga harus mendata guru yang sudah menggunakan akun belajar dan yang belum. Kadis juga berpesan agar pengawas sekolah mengawal PSP dan PGP. Sebelum pelaksanaan kurilkulum nanti akan diadakan launching pelaksanaan kurikulum merdeka dengan menghadirkan pihak pihak terkait.

Dalam pelaksanaan tugas pengawas, dinas pendidikan akan memberikan dukungan dan pendampingan sehingga mampu memberdayakan rekan rekan guru dalam pelaksanaan kurikulum nanti.

Semenjak kurikulum merdeka mulai diluncurkan dan diujicobakan secara terbatas di beberapa kota, pengawas Payakumbuh sudah membahas, mendiskusikan terkait perubahan dan esensi kurikulum baru tersebut.

Setelah disepakati bahwa sekolah Payakumbuh mendaftar untuk melaksanakan kurikulum merdeka, maka persiapan pengawas semakin diintensifkan, sebaagi bekal untuk melakukan pembinaan dan pendampingan ke sekolah binaan.

Armi sebagai koordinator pengawas selalu membantu, memandu dan menyajikan terkait kurikulum merdeka ini. Pengawas yang mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan juga membagikan materi dan memandu diskusi terkait bahan yang diperoleh di pelatihan, di antaranya, Rosmanidar, Nurseha, Syarfionarita dan Marizon Neldi.

Materi yang diberikan Armi dalam pembekalan, di antaranya: Persiapan sekolah, persiapan guru dalam menghadapi kurikulum merdeka yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023.

Persiapan sekolah di antaranya, Menyusun KOSP (Kurikulum Operasional satuan Pendidikan), Sekolah memiliki dokumen kebijakan Kurikulum sebagai dasar berpijak bagi sekolah.

Memahami kerangka dasar Kurikulum, memahami struktur kurikulum, memahami capaian pembelajaran, menyusun perangkat ajar, memahami Projek penguatan P3 (Profil Pelajar Pancasila), memahami pembelajaran dan asesmen, memahami mekanisme pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum.

Penguasaan materi di atas tentu harapannya agar kurikulum tersebut bisa terlaksana secara baik. Kegiatan pembekalan berjalan lancar mulai dari pukul 8.00 pagi sampai pukul 16 sore. Semua peserta mengikuti kegiatan dengan serius, bersemangat sampai acara selesai.

Pengawas sekolah sebagai pembina, pendamping dan pembimbing pelaksanaan kurikulum diharapkan, mampu menjalankan tugasnya dengan baik dengan bekal yang sudah disiapkan dari Dinas Pendidikan. Kegiatan ketika berlangsungnya pembekalan pengawas untuk persiapan implementasi kurikulum merdeka. (*)