Milad ke 64 SMPN 2 Padangpanjang, Semoga Makin MaJu dan Jaya

4

Tak terasa, sudah 64 tahun SMPN 2 Padangpanjang berdiri sejak 28 Maret 1958. Memang, usia yang sudah lanjut. Namun kiprah dan misinya dalam mewujudkan generasi muda yang cerdas dan berakhlak tak pernah padam.

SMPN 2 Padangpanjang yang asri, berbatas jurang dan bukit, jauh dari bising kendaraan berlalu lintas di jalan provinsi banyak menjadi tujuan para lulusan SD. Cinta siswa pada sekolah, ibarat bernuansa kabut menyelimuti.

Jikala mendung, pohon-pohon yang berjejer di tepi lapangan basket senantiasa melindungi siapa saja. Gedung bertingkat tertata megah. Begitu juga dengan gedung kantor guru dan gedung TIK serta gedung perpustakaan yang bergandengan dengan ruang Kesenian dan Laboratorium IPA. Ruang bermain untuk olahraga, latihan pramuka dan ekskul lainnya, juga mencukupi.

SMPN 2 Padangpanjang sekarang sudah menginjak masa dewasa selama 64 tahun memberi makna pada bangsa. Betapa tidak dalam kondisi sekarang saja ada 6 orang alumni yang menjadi anggota DPRD kota Padangpanjang.

Ada yang menjadi wali kota Padangpanjang selama 2 periode, yang sekarang anggota Komisi X DPR RI, ada yang menjadi wakil wali kota serta menjadi dokter yang top dalam keramahan dan lebih mementingkan sosial. Ada juga yang menjadi pengusaha kuliner yang sukses, dan banyak lagi yang berhasil menjadi pejabat negeri maupun swasta.

Makna yang diberikan SMPN 2 Padangpanjang sangat mengagumkan. Dari dulu SMPN 2 lebih mementingkan karakter, melatih cara bersosial serta Imtag yang bagus dengan adanya salat Jumat di sekolah serta puasa Senin Kamis.

Sekarang ada 158 siswa kelas IX tahun ajaran 2021/2022 yang akan dilepas pada perayaan milad ke-64 yang dibarengi dengan kegiatan Tarhib Ramadhan, Senin (28/3) di sekolah itu.

Ikut hadir Staf Ahli, Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Zulkifli, S.H, mantan Wakil Wali Kota dr. H. Mawardi, MKM yang juga ketua Alumni SMPN 2 Padangpanjang
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd, Sekretaris Umum BKPRMI Sumbar Maisar Setiawan Munaf, S.Ag dan Kepala SMPN 2 Padangpanjang Alpabeta Nazar, S.Pd.

Zulkifli mengucapkan selamat hari jadi SMPN 2 yang ke-64. Semoga diusia yang sudah matang ini, SMPN 2 dapat terus melahirkan insan-insan yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Kami menyambut hangat peringatan milad ini, karena SMPN 2 telah ikut mewarnai dunia pendidikan di Padang Panjang. Sekolah di Padang Panjang ibarat tumbuhan di tanah yang subur. Asal mau menyiram dan merawat, dia akan tumbuh dengan mekar,” ucapnya.

Baca Juga:  SMK Negeri 2 Batusangkar, Lahirlah Siswa Bertalenta !

Pada kesempatan ini, Ali Tabrani juga menyampaikan, dengan milad ke-64, akan selalu menambah motivasi, selalu berbuat yang lebih baik untuk SMPN 2 dan juga untuk perkembangan dunia pendidikan di Kota Padang Panjang.

“Kita meyakini, seluruh tenaga, dari kepala sekolah, majelis guru, serata seluruh staf yang ada, pasti akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk kemajuan pendidikan kita di Kota Padangpanjang, khususnya SMPN 2. Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada anak-anak kita,” tuturnya.

Selain itu, Tabrani juga mengucapkan selamat kepada siswa kelas IX yang sebentar lagi akan lulus. Ia berharap mereka bisa menjaga nama baik dan mengharumkan nama SMPN 2 dengan cara masuk ke SMA dan perguruan tinggi terbaik ke depannya.

Turut hadir, Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dra. Hj. Tuti Abdul Rajab, M.M, Camat Padangpanjang Barat Fiori Agustian, S.IP, lurah, kepala BMKG, ikatan alumni SMPN 2, Purna Bakti Guru SMP 2, dan kepala SMP se-Kota Padangpanjang.

Karpet merah terbentang menyambut tamu dibawah tirai “Galuak”. Terdengar tarian “Pasambahan” diiringi dengan pukulan gendang dan talempong. Tenda berwarna putih dan merah berdiri megah menaungi para tamu dan deretan siswa kelas XI.

Cantik dan gagah para siswa kelas IX tersenyum manis. Mata mereka berbinar menyonsong masa depan. Para tamu dan kelas IX berhadapan dengan pentas. Wow, pentas bervariasi menyirip serta warna gelap lembut bermotif hutan bakau serta riak air dan matahari terbenam, diselingi burung bangau yang terbang ke sarang. Kombinasi putih di tendanya. Memberi keteduhan mata melihatnya.

Begitu acara milad SMPN 2 Padangpanjang dibuka dengan pentas nan elegan. Tarhib Ramadhan acara di awal dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan turut mengisi acara Milad. Semoga ke depannya SMPN 2 Padangpanjang lebih bermakna lagi. Berkemajuan dan Berjaya, Aamiin yaa Allah.

Seiring bertambahnya usia SMPN 2 Padangpanjang, Padang Ekspres mengucapkan Selamat Milad ke 64 SMPN 2 Padangpanjang. Semoga bisa menjadi salah satu sekolah rujukan dengan segudang prestasi dan inovasi yang dilahirkan.(***)