Siswa SDN 21 Payakumbuh Ikuti Kejurnas FORKI

19
PELEPASAN: Kepala Disdik Payakumbuh Dasril berfoto bersama siswa SDN 21 Payakumbuh yang akan berlaga pada Kejurnas FORKI di GOR UNP Padang dari tanggal 12 sampai 14 Agustus 2022.

Olahraga merupakan salah satu media pendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, sikap sportifitas, pembiasaan pola hidup sehat dan pembentukan karakter (mental, emosional, spiritual dan sosial) dalam rangka mencapai tujuan sistem pendidikan Nasional.

Lembaga satuan pendidikan memiliki peran antara lain menunjang kemampuan atau bakat siswa dalam berbagai bidang tidak hanya akademik saja, melainkan juga di bidang seni dan olahraga.

Menyadari pentingnya fungsi olahraga dalam perkembangan peserta didik secara ke seluruhan, SDN 21 Payakumbuh memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa untuk mengembangkan bakatnya sesuai dengan minat masing-masing. Diantaranya adalah pada cabang olahraga karate yang pada tahun ini menunjukkan peningkatan yang sangat pesat.

Bertempat di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Payakumbuh, Rabu (3/8), Kepala SDN 21 Payakumbuh, Amperawati S.Pd didampingi guru pembimbing Vivi Detika Hutria, S.Pd dan pelatih dari Gema Nusa Karate Club melepas sebanyak 6 orang siswa untuk berlaga di Kejuraan Nasional (Kejurnas) Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) pada tanggal 12 sampai 14 Agustus 2022 di GOR UNP Padang.

Adapun 6 orang atlet berstatus pelajar SDN 21 Payakumbuh yang akan berlaga nantinya adalah Ayaka Nayotama, Fanchilla Dwi Jovanka, Baihaqi Khaizan, Aqillah Khairunnisa, Daffa Al Fitri, dan Jovian Dwi Okto

Kepala Disdik Payakumbuh, Dasril dalam kesempatan itu menyambut kedatangan atlet karate beserta pendamping dengan hangat. Dasril menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu support dan motivasi bagi siswa-siswi dalam hal ini sebagai atlet dalam peningkatan prestasi non akademik bagi Kota Payakumbuh.

Potensi seorang siswa bukan dilihat dari prestasi akademiknya saja, melainkan juga prestasi non akademik yang saat ini terbukti member pengaruh yang sangat positif bagi perkembangan siswa.

Dasril berharap ke depan Payakumbuh bukan hanya melahirkan lulusan yang pintar di bidang akademik saja, tapi juga di bidang non akademik seperti olahraga atau seni. Selain itu Dasril mengapresiasi SDN 21 yang terus meningkatkan kualitas lulusannya, dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang diraih. (***)