SD Negeri 04 Sarilamak: Full Puasa, Dikasih Hadiah…!

3
Ilustrasi.(NET)

Memasuki hari pertama sekolah sehabis lebaran Idul Fitri 1443 H tanggal 9 Mei 2022, keluarga besar UPTD SD Negeri 04 Sariamak mengadakan acara bermaaf-maafan dengan bersalaman antara guru dan murid serta antara murid dengan murid.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah Ibuk Hermita, S.Pd. Acara diadakan di halaman sekolah yang diiringi lantunan takbir yang dikumandangkan lewat pengeras suara.

Sehingga, terasa lebih menambah hikmatnya suasana. Pada kesempatan tersebut juga diumumkan para murid kelas 1 dan 2 yang menamatkan puasa 1 bulan penuh untuk diberikan penghargaan atau hadiah dari sekolah.

Seusai acara di lapangan murid-murid memasuki ruang kelas masing-masing untuk mengadakan kegiatan literasi berupa membuat gambar dan karangan tentang susana atau pengalaman di hari raya Idul Fitri dari masing-masing murid.

Kegiatan dipandu guru kelas masing-masing. Tulisan dan gambar yang dibuat oleh murid dikumpulkan dan dinilai oleh guru kelas dan bagi pemuncaknya diberikan hadiah. Semua karya murid mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dikumpulkan ke pengurus Bungkusan Berlianku (Tabungan Khusus Tulisan sebagai Sumber Literasi Andalan untuk Melahirkan Buku).

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Gandeng Padek Gebyarkan Literasi

Tulisan-tulisan tersebut dikemas dan dirancang menjadi buku hasil karya murid. Kegiatan seperti ini dilakukan dalam rangka menggiatkan kegiatan literasi di sekolah sekaligus melatih murid–murid agar terbiasa menuliskan atau menggambarkan momen–momen penting dalam kehidupannya, sehingga tidak berlalu begitu saja.

Demikian kegiatan hari pertama sekolah sehabis lebaran di UPTD SD Negeri 04 Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. (***)