SMP N 1 Padang: Sarang Prestasi, Kebanggaan si Padang !

11
GUDANG PRESTASI: SMP Negeri 1 Padang merupakan salah satu sekolah yang sarat sejarah dan prestasi di ibu kota Provinsi Sumbar.

Menjadi sekolah favorit, tentu bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Butuh dorongan dan usaha ekstra. Ini sangatlah penting dilakukan bagi eksistensi sebuah sekolah.

Begitu juga dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padang, yang notabene salah satu sekolah favorit yang terletak di Pusat Kota Padang.

SMPN 1 Padang, terletak persis di Jalan Sudirman No.3 dan bangunannya merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Padang.  Betapa tidak. Pada zaman penjajahan, tempat ini menjadi basis gerakan militer rakyat dalam mengusir penjajahan Belanda di Kota Padang.

Sekolah ini pada awalnya bernama MULO. Namun setelah Indonesia merdeka, namanya berubah menjadi Permindo. Kemudian berubah menjadi SLTPN 1 Padang, hingga akhirnya berubah menjadi SMPN 1 Padang.

Saat ini, bicara soal prestasi, SMPN 1 Padang memang tak bisa diragukan lagi. Sekolah ini sudah banyak melahirkan banyak prestasi hingga menjadikannya sebagai sekolah incaran.

Pada tahun 2021, bisa dikatakan tahun kelesuan baik dari segi ekonomi, pekerjaan dan juga pembangunan sekolah. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi sekolah menengah pertama yang satu ini.

“Alhamdulillah, meskipun masa pandemi, prestasi sekolah kita tidak pernah vakum. Baik secara akademik maupun non akademik tetap mampu kita raih,” ujar Kepala SMPN 1 Padang, Yan Hendrik, S.Pd, MM.

Selama masa pandemic, berbagai prestasi dapat diraih oleh SMPN 1 Padang, baik prestasi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) maupun Kompetisi Sains Nasional (KSN). Adapun tingkat O2SN yang pernah diraih yaitu Kota Padang, Provinsi, dan juga Nasional.

Begitu juga dengan tingkat prestasi KSN yang diraih sekolah tersebut.“Siswa kita pernah meraih juara 1 O2SN Pencak Silat se-Kota Padang, kemudian juga ada meraih juara pertama lomba Gitar Duet tingkat provinsi, dan ini baru dua dari banyak prestasi O2SN tahun 2021 lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, prestasi KSN yang pernah diraih SMPN 1 Padang pada tahun 2021 di antaranya yaitu meraih juara 1 lomba matematika tingkat provinsi, raih mendali perak lomba matematika tingkat Nasional, juara 1 lomba IPS tingkat provinsi, dan masih banyak prestasi-prestasi KSN lainnya yang telah dicapai.

Jika tadi prestasi-prestasi di tahun 2021, sejak awal tahun 2022 SMPN 1 Padang hingga sekarang, juga terus mengikuti O2SN dan juga KSN yang ada. Bahkan butir-butiran prestasi masih terus didapatkan. Hal ini terbukti dari beberapa piala dan piagam baru yang di terpajang di sekolah tersebut.

“Nah kalo di tahun 2022 siswa kita pernah meraih juara umum olimpiade sains (Smapsic) yang diadakan oleh SMAN 1 Padang. Kemudian meraih juara 1 lomba tensai yang diadakan oleh SMAN 10 Padang, serta juara 1 lomba baca puisi yang diadakan oleh SMA Adabiah Padang, dan masih banyak lainnya,” terangnya.

Untuk mendapatkan semua prestasi-prestasi tersebut tentu dilakukan upaya dan juga kiat-kiat oleh sekolah, baik dari siswa, guru, dan tentunya juga dari Kepala Sekolahnya.

“Tentunya kita melakukan pembinaan disamping kompetensi yang dimiliki siswa kita, di mana setiap ada lomba itu kita selalu arahkan guru pendamping untuk membimbing siswa tersebut sebagai bentuk persiapan lomba yang akan diikuti, baik itu O2SN, KSN, dan juga ajang kompetensi bidang seni (FLS2N),” jelasnya.

Baca Juga:  Refleksi Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Ia menyampaikan, setiap kali siswa akan mengikuti kompetensi itu akan dilakukan pelatihan atau pembinaan di jauh-jauh hari sebelum hari H. Baik itu persiapan secara materi, fisik dan lain sebagainya.

“Dua bulan sebelum perlombaan semuanya sudah kita persiapkan, baik akademik maupun non akademiknya,” katanya.

Meraih semua itu pastinya sekolah mengalami tantangan kendala, namun segala tantangan kendala tersebut tidak pernah dijadikan hal yang serius bagi sekolah untuk meraih prestasi.

“Itu pasti ada ya, namun seluruh tantangan tersebut bisa kita kolaborasikan mencarikan kiat-kiat untuk bagaimana siswa kita ini berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik, kemudian kita juga rangkul beberapa alumni yang bisa membantu siswa dalam meraih prestasi tersebut.

Selain itu, Yan menyampaikan target yang ingin sekolah capai adalah setelah mampu bersaing tingkat nasional, SMPN 1 Padang akan lanjut bersaing di tingkat internasional. “Sesuai dengan visi dan misi sekolah kita, setelah bisa meraih tingkat Nasional, tentu kita akan terus berusaha untuk diberdaya saing internasional,” ucapnya.

Bagusnya lagi, SMP N 1 Padang sudah ada bekerjasama dengan sekolah luar negeri, seperti Malaysia dan juga Singapura. Selain itu sekolah ini juga pernah melakukan pertukaran pelajar dengan SMP Labschool Pemuda di Jakarta.

Kepala Sekolah, Yan menambahkan target berikutnya yang ingin sekolah gapai adalah akan mengembangkan lebih lagi Osis SMPN 1 Padang, di mana sebelumnya Osis telah menggelar kegiatan “Spensa Peduli” dengan menggalang donasi yang ditujukan kepada murid yang tidak mampu, guru dan tenaga honorer.

“Jadi untuk kedepannya kita ingin Osis kegiatannya berkembang ke bidang Jurnalistik, salah satunya nanti akan ada pembuatan majalah Spensa, TV Spensa yang memuat seluruh kegiatan dan informasi terkait sekolah kita,” jelasnya.

Menjadi sekolah favorit tentu ada sedikit perbedaan untuk bisa memasuki dan mendaftar disekolah tersebut. Hal yang menjadi menarik untuk bisa menjadi siswa SMP N 1 Padang adalah setiap pendaftar harus melalui jalur prestasi kemudian juga jalur zonasi.

Terkait kenakalan remaja, kepala sekolah menuturkan untuk pengawasan dan pembinaan terhadap karakter siswa agar tidak menimbulkan kenakalan remaja, sekolah selalu melakukan pemantauan bersama orangtua melalui Whatshap untuk pelaporan satu sama lain.

“Kita juga ada buku agendanya, nah nanti bagaimana karakter siswa dirumah, apakah senantiasa membantu orangtua, apakah senantiasa beribadah, apakah senantiasa berbuat baik akan di tanda tangani oleh wali siswa dan akan diperlihatkan ke sekolah. Sehingga bagaimana anak dirumah dan juga di sekolah selalu terpantau kegiatannya,” jelasnya.

Terakhir, Kepala Sekolah berharap berharap agar seluruh siswa dan siswi SMP N 1 Padang sukses dan memberikan yang terbaik untuk kedua orang tua mereka, ia juga mengatakan selagi ada kesempatan belajar siswa harus memaksimalkan dan lebih menggali potensi diri agar jadi insan teladan.

Begitulah SMPN 1 Padang. Sekolah top. Sekolah favorit. Sekolah impian paramuda.
Riwayat SMPN 1 Padang, riwayat yang tak akan pernah hilang. Sekolah bagai sarang prestasi ini kebanggaan si Padang ! (cr4)