SMAN 3 Padangpanjang: Pembelajaran Online di Lima Negara Ekonomi APEC

6

Pembelajaran Online Internasional keenam ini merupakan kegiatan lanjutan dari pembelajaran online yang sudah dimulai semenjak bulan Agustus. Kegiatan ini disponsori oleh Institute of APEC Collaborative Education dengan Kementrian Republik Korea.

Kegiatan pembelajaran online keenam ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan oleh guru-guru lainnya yaitu, Mr. Hyun Bin Im (guru Seoul Technical High School- Korea), Ms. Sry Mulya Kurniati (guru SMKN 6 Palembang-Indonesia), Mr. Farid Fauzi (guru SMK Sungaikertas-Malaysia), Ms. Arlyn, Ms. Sheena (guru Sauyo High School-Philipina), Dr. Elenita (guru Philipina), Ms. Lara (guru Yakutsk City Lyceum-Rusia).

Pembelajaran online keenam antara tujuh sekolah, SMAN 3 Padangpanjang & SMKN 6 Palembang (Indonesia), Seoul Technical High School (Korea), SMK Sungaikertas & Selayang Bharu (Malaysia) dan Yakutsk City Lyceum (Rusia) berhasil dilaksanakan, pada 11 Maret 2022.

Pada kegiatan Pembelajaran online keenam ini adalah giliran SMAN 3 Padangpanjang yang dipimpin oleh Ibu Devi Hariyanti, S.Pd, M. Pd. Yang menjadi gurunya adalah Ms. Fitra Murni AR, guru bahasa Inggris SMAN 3 Padangpanjang dengan topic “Sumatera Barat dan Budayanya. Pembelajaran diawali presentasi PPT tentang Sumatera Barat dan Budayanya, video wonderful West Sumatera dan ditutup dengan lagu daerah “Kampung Nan Jauah di Mato”.

Pembelajaran ini dipandu oleh dua orang siswa SMAN 3 Padangpanjang yaitu Maisya Fadillah Yunas dan Are Remardi dengan TIM IT (Devi Anggreni S. Pd, Sinta Ameliya S.Pd, Ardian, S. Kom dan Reni yanti, S.Pd).

Baca Juga:  UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak, Bangga Jadi Tuan Rumah Peringatan Hardiknas

Sebelum acarapun ada beberapa kata sembutan dari pihak-pihak terkait di antaranya, Ms. Soyeon Lee, Program Specialist dari Institute of APEC Collaborative Education, Ibu Siti Ubaidah, Sub-Koodinator kerjasama dan pembedayaan ditjen GTK (Kemdikbudristek RI) yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat didukung penuh oleh Kemenristek RI, Mr. Jobok Lee, Kepala sekolah Seoul technical High school-Korea dan Ibu Devi Hariyanti, S.Pd, M.Pd selaku kepala SMAN 3 Padang Panjang.

Pembelajaran online yang disampaikan oleh Ms. Fitra Murni AR terkait tentang Sumatera Barat dan Budayanya mendapat sambutan yang luar biasa dari peserta dengan berbagai pertanyaan dan antusias dari peserta yang hadir di zoom meeting dan chat di youtube streaming.

Ini bisa dilihat dengan adanya keinginan dari siswa dan guru dari Korea, Rusia, Malaysia dan Philipina untuk berkunjung ke Sumatera Barat nantinya usai pandemi berakhir.

Setiadaknya ada sebanyak 100 perserta pembelajran online di zoom meeting dan lebih kurang 50 melalui youtube streaming. Pembelajaran online dilakukan dalam waktu satu setengah jam.

Pembelajaran online ini sangat efektif dan bermanfaat Kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman siswa dan guru. Itu adalah cara terbaik untuk menerapkan “warga dunia”. (***)