Payakumbuh Dominasi Jumlah Sekolah Penggerak

49
DAPAT AMANAH: Kadisdik Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd, menerima dokumen MoU sebagai pelaksana Sekolah Penggerak yang diserahkan perwakilan Kemdikbudristek.(IST)

Selasa-Rabu, 12-13 Juli 2022 menjadi momen penting bagi Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Betapa tidak, pada kesempatan itu dilakukan rapat pleno kelulusan dan penandatangan Berita Acara Calon Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022 di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan, Provinsi Sumatera Barat, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Tampil mewakili Kota Payakumbuh yakni Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd, beserta Kasi Kurikulum SD Nikmat Elva, M.Pd dan Analis Kebijakan/Sub Koordinator Data Rahmadini, SE, M.Si.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BBPMP Provinsi Sumbar Drs. Mulyatsyah, MM, Kasubag Umum BBPMP Drs. Irsad Sakti, SE dan Kepala Balai Guru Penggerak Sumbar Sri Yulianti, M.Pd serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sumbar, Penanggung Jawab dan Operator SIM PKB Dinas Pendidikan.

Bahkan sebelumnya Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Daerah se-Sumatera Barat dengan Kepala BBPMP Provinsi Sumbar, Drs. Mulyatsyah, MM, terkait Kebijakan Pendidikan di Hotel Truntum Kota Padang pada 7-8 Juli 2022, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd juga sudah menerima MOU untuk Kota Payakumbuh sebagai Pelaksana PSP Angkatan 3 Tahun 202, antara Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, ST, MT dengan Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemdikbudristek RI, Jumeri, S.TP, M.Si.

BBPMP selaku lembaga perwakilan Kemdikbudristek RI yang ada di daerah diberikan amanah dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan Program Sekolah Penggerak (PSP) di Sumatera Barat. Pemerintah Kota Payakumbuh diberi kepercayaan Kemdikbudristek mengikuti PSP pada angkatan 3 tahun ini.

Baca Juga:  Siswa SDN 21 Payakumbuh Ikuti Kejurnas FORKI

Pada kegiatan itu, sebanyak 25 sekolah di Kota Payakumbuh yang terdiri dari 7 TK, 14 SD dan 4 SMP berhasil lulus sampai tahap pemeringkatan calon kepala sekolah penggerak angkatan 3 Tahun 2022.

Dengan demikian Kota Payakumbuh mendominasi sekolah penggerak angkatan 3 tahun 2022 dari 19 Kabupaten/Kota se Sumbar yang hanya berhasil meluluskan PSP antara 4 sampai 14 sekolah.

Dari hasil rapat pleno kelulusan Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022 di BBPMP Provinsi Sumbar, Kemdikbudristek menetapkan 18 Sekolah Kota Payakumbuh menjadi Pelaksana PSP Tahun 2023 dan sisanya diakselerasi menjadi pelaksana PSP pada tahun berikutnya.

Penetapan Sekolah Penggerak ditandai dengan Penandatangan Berita Acara Calon Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 3 oleh Kepala BBPMP Provinsi Sumbar yang diwakili Kasubag Umum BBPMP Drs. Irsad Sakti, SE, Kepala BGP Provinsi Sumbar Sri Yulianti, M.Pd dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd pada kegiatan tersebut.

Dengan telah ditetapkannya Sekolah Penggerak Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd berharap visi pendidikan di Kota Payakumbuh yang sejalan dengan visi Pendidikan Indonesia yakni mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila dapat terwujud.

Selain itu, Program Sekolah Penggerak ini diharapkan dapat menyempurnakan program transformasi sekolah yang akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di Kota Payakumbuh untuk bergerak lebih maju. (***)