UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak, Bangga Jadi Tuan Rumah Peringatan Hardiknas

5

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, pada tahun ini bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1443 H. Sehingga pemerintah mengambil kebijakan peringatan Hardiknas ini dilaksanakan serentak pada hari Jumat, 13 Mei 2022. Tanpa menghilangkan momen dan makna penting yang terkandung dalam peringatannya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, untuk kabupaten Limapuluh Kota upacara dilaksanakan di UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak. Pembina upacara langsung Bapak Bupati Limapuluh Kota. Dengan membacakan amanat dari Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Bapak Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA.

Dengan lantang dan tegas, Bapak Safaruddin Datuak Bandaro Rajo membacakan kutipan Mas Menteri, sehingga membuat semua peserta upacara mendengarkan dengan penuh khidmat.

Di tengah hantaman ombak yang sangat besar kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang pada tahun ketiga ini sudah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. Salah satu kalimat indah yang sangat memotivasi dan mem

bakar semangat guru untuk terus berinovasi dan bersikap adaptif terhadap segala bentuk perubahan.

“Mengingat kita masih dalam masa pemulihan setelah dihantam pandemi, maka peserta upacara hanya dibatasi dengan menghadirkan satu pleton dari setiap tingkat satuan pendidikan yang ada, yang dimulai dari tingkat SD, SMP SMA, SMK. Sedangkan untuk guru-guru juga dibatasi yang hanya dihadiri oleh perwakilan guru di kecamatan Guguak saja,” kata Bupati.

Namun ada sesuatu yang beda pada peringatan Hardiknas pada tahun ini. Di mana para guru-guru tampil dengan busana adat yang ada di Sumatera Barat. Sehingga membuat acara ini semarak dan sangat menarik. Kelihatan wajah wajah cerianya dari Bapak ibu guru hadir di lapangan terbuka SMPN 1 Kecamatan Guguak.

Baca Juga:  SMPN 1 Duakoto Pasaman, Penilaian Akhir Semester Berbasis Tablet!

Usai pelaksanaan acara-secara resmi, Bapak Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan Satya Lencana 10, 20 dan 30 tahun kepada bapak dan ibu guru yang telah mengabdi untuk negeri dalam mencerdaskan anak bangsa.

Kemudian juga dilanjutkan dengan peresmian ruang baca “Gerabah Sagu” yaitu sebuah tempat literasi untuk siswa, guru dan masyarakat sekolah yang berada dilingkungan SMPN 1 Kecamatan Guaguak.

Diharapkan dari sarana yang ada ini mampu untuk menggerakan keinginan masyarakat belajar. Sehingga kedepannya kemampuan berliterasi semakin meningkat dalam menghadapi masa-masa mendatang di era digital ini.

Gerabah Sagu bukan hanya sekedar ruang baca tetapi juga akan difungsikan menjadi pustaka digital. Sesuai dengan namanya Gerabah adalah wadah penampung air yang terbuat dari tanah. Maka dari filosofinya diharapkan ruangan ini juga mampu menampung kreasi dan aktifitas.

Pada akhir kegiatan, Bapak Bupati yang begitu ramah dan merakyat ini, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Ibu Hj Indrawati Munir, M.MPd serta OPD lainnya menyempatkan diri untuk foto bersama dengan siswa-siswa SMPN 1 Guguak.

Di mana pada kesempatan ini siswa-siswi SMPN 1 Kecamatan Guguak bertugas sebagai pengerek bendera dan barisan korsik. Bukan hanya itu saja malahan juga diberikan kesempatan kepada semua peserta upacara yang hadir.

Sehingga nampak sekali kedekatan dan keakraban yang terjalin antara masyarakat dengan pemimpin. Mudah mudahan acara ini berdampak baik dan positif untuk kemajuan pendidikan kedepannya, khususnya untuk semua insan pendidikan di Limapuluh Kota. (***)