Siswa Harus Jadi Agen Toleransi dan Perubahan

16
ARAHAN: Plt Kepala MTsN 1 Kota Padang, Idra Putri ketika membuka Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) peserta didik baru Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kemajuan suatu bangsa di masa yang akan datang sangat ditentukan oleh kapasitas generasi muda hari ini. Karena merekalah yang diharapkan akan mengisi dan membawa kemana arah pembangunan suatu negeri.

Jika generasi mudanya rusak saat ini, maka celakalah ratusan juta masyarakat Indonesia. Karena itu wajar jika, perbaikan mental generasi muda menjadi tanggung jawab bersama, termasuk dunia kalangan dunia pendidikan.

Inilah yang menjadi motivasi dan dorongan bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang. Di mana, di samping pembenahan akhlak generasi muda secara islami, menanamkan sikap toleransi sejak dini juga menjadi hal yang terpenting bagi generasi muda.

Ini diwujudkan dalam pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2022/2023 yang sudah dilaksanakan di aula madrasah MTsN 1 Padang, Rabu (13/7).

Di mana, Matsama ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan budaya, kebiasaan, madrasah, fasilitas, ciri khas, nilai, norma, budaya, tata tertib dan karakter yang ada di Madrasah kepada peserta didik baru.

“Siswa Madrasah Harus jadi Agen Toleransi. Karena di tangan merekalah arah pembangunan ini ditentukan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Idra Putri saat tampil sebagai pemateri dalam Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) peserta didik baru MTsN 1 Padang Tahun Pelajaran 2022/2013.

Kegiatan yang mengangkat tema “Moderasi  Beragama” yang berdurasi selama 30 menit itu dimoderatori oleh Wakil Kepala MTsN 1 Kota Padang Bidang Kesiswaan, Maryani Sastera.

Baca Juga:  UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh: Padang Ekspres Bertanya, Guru Menjawab

Idra Putri dalam penyajian materi Moderasi Beragama memaparkan mulai dari pengertian, pengertian radikalisme, ektreme, dan bully. Orang nomor satu MTsN 1 Padang itu juga menjelaskan secara detail tentang Moderasi Beragama dan Moderasi dalam Pendidikan yang perlu dipahami generasi muda saat ini.

Karena Kombinasi Moderasi Beragama yang dipadukan dengan Moderasi Pendidikan, akan mewujudkan kenyamanan dalam dunia pendidikan dan dalam hidup beragama, dan masyarakat.

Idra juga mengingatkan peserta didik tentang hal-hal yang harus dihindari demi menjaga keharmonisan dan menjaga nilai-nilai toleransi seperti issue SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), menggelari teman dengan panggilan yang tidak ia sukai, mengejek, mencaci, dan saling men-bully.

Idra Putri juga mengapresiasi dan semangati seluruh peserta Matsama yang antusias dan penuh semangat mengikuti kegiatan penuh arti ini. Peserta didik juga dituntut harus mampu men-filter dan memilah setiap apa saja yang dilihat di android dan media sosial. Karena di era digitalisasi ini, peserta didik harus mampu mengambil nilai positif yang mengedukasi demi terjaganya moral dan akhlak seorang pelajar.

Siswa MTsN 1 Kota Padang juga harus menjadi pelopor dan berada di barisan terdepan dalam mengimplementasikan Moderasi Beragama. Siswa yang belajar dan dididik di madrasah harus mampu menjadi agen toleransi dalam kehidupan beragama dan masyarakat imbuh Idra mengakhiri. (zul)