UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak, Menemukan Rasa Mengubah Nasib

3
NASIHAT: Salah seorang siswa SMPN 1 Kecamatan Guguak memberikan ceramah kepada rekan-rekan seperjuangannya.(IST)

Guna persiapan mengikuti ulangan akhir sekolah dan menghadapi kelanjutan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk siswa kelas IX, UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak telah melaksanakan serangkaian kegiatan.

Antara lain, pertemuan dengan orang tua siswa. Pertemuan dimaksudkan untuk menyamakan persepsi atau pemahaman terhadap tugas dan tanggung jawab terhadap peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.

Selanjutnya kegiatan ini merupakan wujud kerja sama antara keluarga, sekolah dan masyarakat dalam rangka mengelola sistim pendidikan agar peserta didik bisa mengikuti aturan main, sebagai usaha menumbuhkan prilaku yang benar yakni mengembangkan akhlaqul karimah.

Disampaikan juga kepada para orang tua siswa bahwa proses pembentukan prilaku yang baik ini akan tercipta bilamana ketiga komponen di atas sebagai medianya bisa bersinergi untuk menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi masa depan seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Kegiatan berikutnya adalah pemberian motivasi hidup untuk mengubah pola pikir peserta didik. Dengan acara tersebut diharapkan siswa mampu mengembangkan potensi diri peserta didik sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Acara ini mendapat dukungan penuh dari unsur pimpinan UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak dan seluruh tenaga pendidik.

Acara berlangsung dengan khidmad dan lancar, dengan mengambil tema “Menemukan Rasa, Mengubah Nasib” yang disajikan oleh ibu Yenfitriza selaku motivator berasal dari UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak juga.

Beliau ini telah lama bergabung dengan Yayasan Minang Peduli yang diketuai oleh bapak M. Kadrial salah seorang alumni sekolah ini yang telah sukses dalam beragam bidang usaha. Adapun nama sekolah ini dikala itu SMP Dangung-Dangung.

Dalam rangka semarak Ramdhan dan Syiar Islam, untuk siswa kelas VII dan VIII juga melaksanakan beberapa kegiatan pendalaman agama Islam. Untuk meningkatkan iman dan taqwa dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

Kegiatan tadarus yang berkelanjutan setiap awal dan akhir kegiatan pembelajaran. Kegiatan lomba mengangkat beberapa lomba antara lain: lomba azan, Tahfiz Al Quran, shalat jenazah, dan nyanyi religius.

Alhamdulillah seluruh rangkaian acara ini berjalan lancar berkat kerjasama dan kekompakan seluruh personil sekolah. Dengan semboyan yang sudah melekat bagi setiap warga sekolah yakni bersama kita bisa.

Rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan dalam ruang Musala sekolah yang nyaman dan fasilitas yang cukup. Akibat dihadang oleh pandemi Mushalla yang megah ini sempat agak sepi pengunjung.

Alhamdulillah mulai awal tahun ini sudah kembali dimanfaatkan. Pembangunan musala ini berawal dari kerja keras dan usaha bapak Alfizal yang saat itu menjabat sebagai kepala sekolah diSMP N 1 kecamatan Guguak.

Di bawah koordinasinya, beliau menghimpun alumni yang telah menyebar dan sukses diberbagai wilayah seantero negeri dengan berbagai profesi.

Sehingga sampai hari ini keberadaan musala bisa dipergunakan oleh warga dan masyarakat di lingkungan sekolah. Semoga perjuangan dan seluruh sumbangan para donator jadi amal yang tiada putusnya samapi akhirat kelak. (*)