SMPN 1 Kecamatan Luak: ”Siswa Menggalas, Tamu Membeli”

4
BIKIN BANGGA: Para siswa SMPN 1 Kecamatan Luak meluapkan kegembiraannya usai meraih gelar juara.

Guna mempromosi sekolah dan upaya merekrut calon siswa baru, UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak menggelar acara “Satu Luak Competition”. Ada tiga cabang lomba dalam “Satu Luak Compettition” ini, yaitu ranking 1, solo song dan tahfiz.

Kata kepala sekolahnya, Harnieti, S.Pd., M.Pd saat acara pembukaan (17/3), tujuan diadakan acara ini adalah dalam rangka mempromosikan sekolah kepada calon siswa baru yang ada di Kecamatan Luak. Selain itu juga sebagai uji coba kompetensi calon siswa baru dalam beberapa bidang lomba.

“Kita berharap masyarakat Kecamatan Luak merasa bangga dengan sekolah yang telah didirikan pemerintah di daerah kita ini. Sehingga tidak ada lagi masyarakat kita di Kecamatan Luak yang bangga menyekolahkan anaknya ke daerah lain,” harap Harnieti.

Buk Kepsek ini juga memperkenalkan bahwa UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak adalah sekolah yang mampu bersaing dan memiliki banyak prestasi. Prestasinya, pernah meraih sekolah Adiwiyata Nasional. SMPN 1 Kecamatan Luak adalah sekolah penggerak yang lolos pada tahap 1 tahun 2021.

Beberapa siswanya akhir-akhir ini juga meraih prestasi dalam berbagai bidang, baik akademik, seni dan olahraga. Misalnya, Sri Wardatul Jannah, meraih juara 2 dalam lomba mata pelajaran matematika, Wilda Gusnita, juara 3 dalam lomba mata pelajaran Bahasa Inggris yang diadakan SMPN 2 Kecamatan Harau dan SMAN 1 Payakumbuh.

Selain itu Derhifveallind Analla, meraih juara 2 lomba solo song tingkat Kabupaten dan kota Payakumbuh yang diadakan MAN 2 Payakumbuh baru-baru ini. Mardiansyah dua tahun berturut-turut meraih juara 3 cabang desain poster tingkat Kabupaten. Kessifa Adya Putri, meraih medali emas tahun 2021 dan 2022 cabang pencak silat, yang diadakan di Pekanbaru, dan masih banyak prestasi lainnya yang pernah diraih.

Baca Juga:  SMK Negeri 2 Batusangkar, Lahirlah Siswa Bertalenta !

SMPN 1 Kecamatan Luak aktif memasilitasi penyaluran bakat, minat siswa melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Seperti randai, tari, bela diri, pramuka, forum Annisa, forum Arrijal, pembinaan KSN, story telling dan berbagai bidang lainnya.

“Jadi jangan ragu untuk melanjutkan pendidikan di UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak,” ajak kepala sekolah penggerak itu.

Sementara itu Ahmad Fauzy, S.Kom, M.Kom sebagai ketua panitia pelaksana dan juga wakil kurikulum, mengatakan bahwa ketiga lomba tersebut diadakan sekaligus di tempat yang terpisah. Lomba solong dibentang di pentas, lomba tahfiz di musahalla dan ranking 1 dilaksanakan di ruang pertemuan UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak.

Selanjutnya, Ricky Edward, S. Sos selaku camat Luak juga membenarkan bahwa UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak adalah sekolah yang indah, bersih, dan nyaman untuk pelaksanaan proses belajar mengajar.

“Saya sangat terkesan pada saat memasuki pekarangan sekolah ini. Semua tertata dengan rapi. Baru kali ini saya menyaksikan acara yang sangat meriah diadakan di sekolah,” ujar camat yang masih muda itu saat membuka acara secara resmi.

Pada acara pembukaan yang sangat meriah ini, menampilkan tari pasambahan, tari piring, randai kreasi dan acara lainnya dari siswa-siswi UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak. UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak juga melatih jiwa entrepreneurship para siswanya dengan mengadakan market day.

Siswa diminta menjual makanan hasil olahan mereka dan menawarkan kepada tamu dan undangan yang hadir dengan membuka stand khusus di depan kelas masing-masing.
Ini keren namanya, siswanya dilatih menggalas dan dijual kepada tamu. Hebat….! (*)