SMA Negeri 2 Padang, Inovasi Sekencang Prestasi !

107
NASIHAT: Para siswa SMAN 2 Padang mendapat pembekalan dari guru.(IST)

SMA Negeri 2 Kota Padang merupakan salah satu sekolah penggerak yang ada di Sumatera Barat. Sebagai SMA percontohan, tentunya sekolah ini inovasinya sekencang prestasinya.

Itu yang membuatnya terpilih menjadi salah satu sekolah penggerak di Sumatera Barat. Sekolah ini menuju zero anti perundungan.

SMA yang didirikan tahun 1961 ini awalnya merupakan kelas sore dari SMAN 1 Padang. Tanahnya merupakan hibah dari asrama TNI yang diberikan untuk mendirikan sekolah.

SMA kedua yang berdiri di Kota Padang setelah SMA Negeri 1 Padang. Sekolah ini tetap menggunakan bangunan awal didirikan hingga saat ini, belum sempat dirombak karena terkendala biaya.

Wakil sarana dan prasarana SMA Negeri 2 Padang, Nurmalinda kepada Padang Ekspres saat diwawancara di kantor SMA Negeri 2 Padang menyebut, saat ini, sekolah SMA Negeri 2 Padang yang berlokasi di Jalan Musi Nomor 2, Purus Atas, Kota Padang ini telah mencetak generasi yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga tak heran, beberapa tokoh nasional yang termasyur di negeri ini terlahir dari SMA Negeri 2 Padang ini.

“Tokoh-tokoh yang berpengaruh untuk kota Padang yang pernah menimba ilmu di sekolah kita ini di antaranya mantan Ketua DPD RI Irman Gusman, mantan Wakil Mendikbud dan mantan Rektor Unand Musliar Kasim, mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, mantan Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal, Dirut Bank Nagari Dedy Ihsan, mantan Sekdaprov Sumbar Nasir Achmad, Wali Kota Padang Hendri Septa, dan lain-lain,” jelasnya.

Meskipun dalam situasi pendemi, SMAN 2 Padang ini masih melakukan terobosan dan inovasi-inovasi yang tetap terukir. Baru-baru ini, SMAN 2 Padang telah memenangkan beberapa perlombaan.

“Kita tetap memberikan dorongan kepada anak-anak kita agar tetap berprestasi walaupun dalam situasi pandemi. Saat ini, anak kita sudah ada yang melaju ke tingkat nasional seperti lomba bidang karate, taekwondo dan lain sebagainya,” jelasnya pada Padang Ekspres.

Salah satu ajang bergengsi yang telah diraih oleh SMA Negeri 2 Padang ini adalah peringkat pertama komputer tingkat nasional, peringkat kedua bahasa Inggris tingkat nasional, dan peringkat ke-3 lomba matematika se-nasional.

Selain berprestasi dalam bidang akademik, SMA Negeri 2 Kota Padang ini juga berprestasi dalam bidang non akademik. Seperti juara lomba karate dan taekwondo tingkat nasional.

Sekolah yang telah dijabat 17 kepala sekolah itu juga menciptakan berbagai terobosan dan inovasi agar sekolahnya tetap berkembang dan terus maju menjadi sekolah terfavorit.

Wakil kurikulum SMA Negeri 2 Padang, Fitri Sari Ramadhani mengatakan bahwa tahun 2017 lalu SMA Negeri 2 Padang merupakan SMA model, tahun 2018 termasuk sekolah rujukan, 2019 SMA Negeri 2 Padang menjadi sekolah zonasi, tahun 2020 SMAN 2 Padang termasuk seribu sekolah terbaik dari 25 ribu tingkat SMA/SMK se-Indonesia. Dan tahun 2021, sekolah ini lulus sebagai sekolah penggerak.

Baca Juga:  UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak, Bangga Jadi Tuan Rumah Peringatan Hardiknas

Program yang sedang dilakukan saat ini adalah program yang mencerminkan sekolah penggerak. Kurikulum merdeka akan dilaksanakan untuk kelas X di mana tidak ada penjurusan seperti kurikulum 2013.

Setiap anak berhak menentukan ia memilih jurusan apa. Sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum 2013 revisi covid 19 seperti sebelumnya.

Sebagai sekolah penggerak, SMAN 2 Padang juga menggalakkan program mengasah keterampilan dengan menciptakan karya-karya berupa benda-benda yang nantinya akan dipajang apabila karyanya bagus.

Program tersebut disebut dengan projek pembelajaran dan lintas pelajaran yang berguna untuk meningkatkan keterampilan.

Selanjutnya, wanita yang kerap dipanggil Sari tersebut juga menjelaskan bahwa saat ini, sekolah menjalankan 4 tema. Tema pertama proyeknya adalah sablon anti perundungan, produknya akan didesain sendiri oleh siswa.

Selain itu juga ada kaligrafi, lukisan-lukisan dan lain sebagainya yang akan dipajang ketika panen raya pada bulan Mei depan.

“Yang kedua adalah mengunjungi situs perjuangan di Kota Padang dan menuliskan sejarahnya. Hal ini dilakukan guna menambah kepedulian siswa terhadap sejarah-sejarah monumen atau situs yang ada di Kota Padang,” jelasnya Sari.

Program yang ketiga merupakan content creator alumni. Dalam hal ini, siswa dianjurkan membuat video alumni yang pernah bersekolah di SMAN 2 Padang. Sehingga siswa tersebut mengetahui perjalanan kesuksesan alumni-alumni tersebut.

Selanjutnya, hasil video tersebut akan diunggah ke YouTube. Hal tersebut bertujuan untuk menambah motivasi siswa untuk melakukan langkah-langkah kesuksesan seperti yang dilakukan oleh alumni sebelumnya.

Kemudian juga ada program “sulik bakaba” yang proyeknya ada sumbang 12, kuliner dan lain sebagainya. Dan untuk melatih keterampilan lainnya, akan dilakukan daur ulang sampah dan hydroponik serta pembuatan handsanitizer.

Dalam mempertahankan kedudukannya sebagai salah satu sekolah tervaforit, SMAN 2 Padang tetap melakukan terobosan dan inovasi yang akan tetap dilakukan.

Tingkat penerimaan siswa ke kampus idolanya juga tergolong tinggi. Mencapai angka 90 persen dari seluruh jumlah murid kelas XII yang telah lulus dari sekolah.

Selanjutnya, mereka berharap agar SMAN 2 Padang tetap menjadi yang terbaik dan seluruh siswanya dapat diterima di perguruan tinggi negeri favorit. Sehingga nama SMAN 2 Negeri dapat dikenal di luar maupun dalam Indonesia itu sendiri. (Cr 5)