Kisah Rahmi Aulia Syafitri, Anak Buruh Yang Punya Mimpi Kuliah ke Turki!

6
PENUH HARAPAN: Rahmi Aulia Syafitri diampit sang ibu dan Wakepsek Bidang Kesiswaan SMA Negeri 2 Padangpanjang.(YUWARDI/PADEK)

Setiap anak punya cita-cita dengan beragam cara dan pola untuk bisa menggapai muara kebahagiaannya. Demikian juga Rahmi Aulia Syafitri, salah seorang siswi berprestasi di SMA Negeri 2 Padangpanjang.

Putri sulung pasangan suami istri (pasutri) Effendi dan Yetti itu, dengan menanamkan semangat tinggi selalu terus berjibaku meraih prestasi demi prestasi selama mengenyam pendidikan pada salah satu sekolah terbaik di kota berjuluk Serambi Mekkah tersebut.

Terlahir dari keluarga sederhana, Rahmi mengaku tidak pernah mengeluh memberikan hasil terbaik untuk membalas peluh jerih sang ayah yang berprofesi selaku buruh harian lepas. Sederetan prestasi berhasil dipersembahkannya dari jalur prestasi akademik di bidang Matematika.

“Ayah dari hasil buruh harian lepas dan Bunda selaku honorer penyuluh agama di KUA, merupakan dua sosok panutan yang menginspirasi semangat Rahmi untuk terus berprestasi menggapai cita-cita.

Alhamdulillah di penghujung sebagai siswi di SMA Negeri 2 Padangpanjang ini, Rahmi berpeluang kuliah Jurusan Matematika, Bartin University di Turki,” ucap Rahmi didampingi Bunda Yetti dan Wakepsek Kesiswaan, Sofyan M.Pd.

Wakepsek Kesiswaan SMA Negeri 2 Padangpanjang, Sofyan M.Pd mengatakan, Rahmi Aulia Syafitri yang merupakan salah satu siswi lokal unggul Jurusan IPA di sekolah itu juga sangat aktif dan di berbagai kegiatan non akademik lainnya.

Di antaranya disebutkan Sofyan, siswi berpostur tergolong kecil itu pernah mencatatkan prestasi Juara I Debat Anak Nasional, Juara II MSQ Kota Padangpanjang, Juara I Lomba Bercerita tingkat Kota dan Juara III OSN Matematika serta lainnya.

“Rahmi juga sangat aktif di organisasi OSIS, dan memiliki kecakapan menjadi MC di banyak kegiatan resmi, termasuk pada agenda MTQ Nasional di Padangpanjang beberapa waktu lalu. Anak kami ini juga aktif mengkampanyekan literasi dan mendapatkan reward tour ke Singapura,” tutur Sofyan.

Sementara sang bunda, Yetti menyebut putri sulungnya dari tiga bersaudara tersebut sebagai sosok anak yang sangat santun, rajin dan gigih. Semangat memberikan yang terbaik sebagai peserta didik, sudah diberikan Rahmi semenjak masih duduk di SMP dengan berbagai prestasi saat itu.

“Hari ini setelah menamatkan pendidikan menengah di SMA Negeri 2 Padangpanjang, Rahmi berhasil lulus tes pendidikan tinggi ke Turki sesuai dengan bakat jurusannya di Matematika. Dalam keterbatasan ekonomi, kami terus berusaha dan berdoa agar harapan Rahmi untuk kuliah di luar negeri itu bisa diwujudkannya. Aamiin,” ungkap Yetti. (wrd)