SMPN 1 Pariaman, Penuh Historis dan Banjir Prestasi!

8
BIKIN BANGGA: Siswa SMPN 1 Pariaman Ivana beserta teman-teman dan guru pembimbing ketika meraih juara I Kompetisi Sains Spasior tingkat Sumbar(IST)

Tak hanya tercatat sebagai SMP tertua di Kota Pariaman, SMPN 1 Pariaman juga merupakan salah satu sekolah yang sarat dengan prestasi di Kota Sala Lauak. Tak sedikit prestasi yang telah diukir sekolah yang dikepalai Rostina ini, mulai dari prestasi akademik hingga prestasi olahraga dan seni.

Untuk tahun 2022 saja, membukukan beragam prestasi dan penghargaan seperti juara umum I Stupa Sains Junior (Spasior) 2022 tingkat Sumbar hingga Juara I umum Sixpa Islamic Competition dan Kejuaraan Terbuka Sepatu Roda tingkat nasional.

Sekolah yang beralamat di Jalan M Syafei no 1 Pariaman ini dalam melakukan pembinaan kepada siswa tidak hanya jelang lomba. Namun sejak awal masuk sekolah, siswa wajib mengikuti ekstrakurikuler beragam mulai dari olahraga, seni, akademik.

Pembinaan telah dilakukan sejak awal mulai tahun ajaran baru. Siswa yang mengambil ekstrakurikuler mendapatkan pembinaan di setiap hari Sabtu.

“Nah nanti pada saat lomba sesuai dengan jenis lombanya siswa diuji kembali sesuai dengan jenis lomba. Mereka yang terbaik kemudian mendapatkan pelatihan rutin hingga satu hari jelang lomba,”ujar Wakil Kepala Sekolah Ikhlasiah kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin.

Ilas, begitu guru yang akrab dengan siswanya ini disapa menyebut, dalam setiap perlombaan jika banyak siswa yang lolos seleksi sekolah maka mereka semua diikutkan lomba. Targetnya siswa tersebut tidak harus juara namun paling tidak mereka mendapatkan pengalaman baru saat lomba.

Namun dengan persiapan yang cukup matang biasanya siswa yang dibawa lomba selalu mengukir prestasi juara. Bahkan saking banyaknya siswa yang juara pada setiap kompetisi SMPN 1 Pariaman meraih juara umum di setiap kompetisi.

Seperti kompetisi sains Spasior yang telah digelar selama tujuh tahun berturut-turut, di mana SMPN 1 Pariaman berhasil meraih juara umum selama enam tahun berturut-turut.
Padahal kompetisi ini tingkat Sumbar artinya peserta tidak hanya berasal dari sekolah di Kota Pariaman namun juga berbagai kabupaten/kota lainnnya di Sumbar.

Tak hanya berprestasi dibidang sains SMPN 1 Pariaman juga berprestasi di bidang Islamic. Mulai dari juara I lomba lagu religi, juara 1 lomba baca puisi dakwah hingga juara I lomba cipta puisi dakwah.

Prestasi kejuaraan olahraga nasional pun diukir siswa SMPN 1 Pariaman. Setidaknya tiga siswa meraih juara lomba sepatu olahraga dalam berbagai cabang lomba. Salah satu siswa yang berhasil meraih juara I sains adalah Ivana Flora Harumi.

Kepada Padang Ekspres Ivana bercerita ia bisa berhasil meraih juara pada berbagai kompetisi sains tidak lepas dari bimbingan guru di sekolah. Ivana yang telah bergabung dengan ekskul sains sejak kelas VII rutin berlatih soal sains hingga saat ini. Sehingga saat lomba ia sudah tak canggung lagi berhadapan dengan soal-sial sains.

“Alhamdulillah sudah terbiasa dengan soal-soal. Alhamdulillah juga bisa mengerjakan soal saat kompetisi. Sempat minder karna banyaknya peserta dari luar Pariaman. Namun ternyata berhasil juara I,” ujarnya.

Putri dari dr.Yemi Asdesi dan Dr. Jabang Nurdin, M.Si ini berterimakasih kepada guru pembimbing yang selalu menyemangatinya dalam setiap perlombaan. Termasuk kedua orangtua yang selalu mendukungnya dalam pencapaian prestasi. (nia)