Website SMPN 2 Padangpanjang, Pusat Informasi dan Publikasi

5
ANTONIUS PITRA DANA ARISTA, S.Pd, MT, Guru TIK SMPN 2 Padangpanjang.

Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu makin tinggi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, maka lembaga Pendidikan dalam berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tidak lagi dapat berpangku tangan untuk melestarikan kemampuan budaya dan performance suatu sekolah, namun harus gigih melakukan inovasi perubahan dalam berbagai aspek agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat yang hidup dalam pada era globalisasi.

Menyadari hal tersebut, sekolah sebagai agen perubahan di masyarakat harus senantiasa melakukan perubahan sesuai dengan perkembangan Iptek.

Penggunaan internet dewasa ini juga mulai meningkat dikalangan pendidikan, penggunaan ini tidak hanya sekedar mencari informasi di Internet saja, tetapi juga sudah menerapkan teknologi internet ini sebagai media publikasi sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.

Salah satu upaya yang bisa dijadikan sebagai program unggulan sebuah Institusi Pendidikan Sekolah adalah pembuatan website Sekolah. Pembuatan website sekolah menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet.

Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, Website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

SMP Negeri 2 Padangpanjang merupakan instansi yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padangpanjang. SMP Negeri 2 Padangpanjang memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan pendidikan kepada peserta didik dengan menyediakan guru yang professional, informasi, sarana dan prasarana yang berfungsi optimal demi menunjang proses pembelajaran.

Baca Juga:  Teori ke Teori Saja, Menulisnya Kapan?

Belum tersedianya pusat informasi terpadu di sekolah untuk siswa dan masyarakat menyebabkan SMP Negeri 2 Padangpanjang melakukan pembuatan website sekolah. Informasi sekolah dapat diperoleh dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Tujuan pembuatan website sekolah ini adalah untuk meningkatkan tali silaturrahmi antara alumni dengan alumni, alumni dengan staff pengajar, antara staff dengan orang tua/wali, meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada tahun 2020 ketika virus covid-19 meledak, website sekolah menggantikan pembelajaran yang semula luring mejadi daring. Semua mata pelajaran dipindahkan terpusat pada website sekolah.

Pemanfaatan website ini sangat dirasakan oleh orang tua siswa yang kesulitan dalam mengakses platform lain. Mereka mengaku terbantu dengan adanya website sekolah ini.

Belajar dengan memanfaatkan website sekolah menggandeng kemajuan tekhnologi dengan cara belajar yang tetap mengharuskan siswa mengerjakan tugas dengan menulisnya. Hal ini sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam. Siswa harus memiliki tugas yang tertulis yang dapat mereka baca dan pelajari kemudian.

Dalam pengembangannya ke depan, website sekolah akan terhubung dengan perpustakaan sekolah, daerah dan pusat melalui e-library. Demikian juga dengan data kehadiran siswa dan data data lainnya yang dibutuhkan oleh guru guru maupun orang tua siswa atau masyarakat. (***)