SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi, Suasana ”Pecah” Gasani Nan Wah

2
KOMPETISI: Gasani Spesialish yang dilaksanakan SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Ishlah Bukittinggi menggelar acara akbar bertajuk Gasani Spesialish yang merupakan akronim dari Gebyar Al-Quran Sain dan Seni SMP Islam Al-Ishlah. Kegiatan ini tingkat SD se-Sumatera Barat.

Walau kegiatan berlangsung Sabtu silam, namun banyak makna yang teriwayatkan di Gasani Spesialish nan seru habis. Kegiatan Gasani tahun ini mengangkat tema, Melalui Gasani Spesialish 2022 kita tingkatkan ukhuwah antar pelajar SD se- Sumatera Barat.

“Adapun tujuan diadakan kegiatan ini untuk melatih para siswa dalam berorganisasi dan memupuk rasa tanggung jawab serta menjalin tali silaturahmi antarpelajar SD se-Sumatera Barat dan sekaligus mempromosikan yayasan pendidikan Islam Al Ishlah Bukittinggi ke seluruh penjuru Sumtra Barat,” ujar Busyra, S.Pd. selaku Kepala sekolah SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi.

Kegiatan ini dibuka wali kota yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi Melfi, M.Si . Penuh bangga, Pak Kadis mengapresiasi kegiatan Osis SMP Al-Ishlah yang sudah mampu mengangkat acara besar ini dan dikelola secara profesional.

“Kegiatan ini salah satu wujud mendukung program merdeka belajar dengan menggali semua potensi siswa di bidangnya masing-masing serta memasilitasi siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya,” kata Pak Kadis.

Gasani 2022 ini mengusung empat cabang lomba yang diperuntukkan bagi Siswa SD/MI kelas 4, 5 dan 6. Adapun cabang lomba yang dilaksanakan adalah, Lomba Baca Puisi, lomba MHQ (Musabaqah Hifzil Quran), MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) dan Lomba KSN untuk bidang studi IPA, IPS dan Matematika.

Semua juri setiap cabang lomba adalah mereka yang berkompempeten di bidangnya masing-masing. Semua peserta sangat antusias mengikuti semua cabang lomba yang diadakan, terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar. Lomba baca puisi diikuti 31 orang peserta,  MHQ 30 orang, MTQ 25 orang dan KSN lebih kurang 100 orang.

Baca Juga:  SD Negeri 04 Sarilamak: Full Puasa, Dikasih Hadiah…!

Peserta yang mendaftar berasal dari hampir semua sekolah SD se-Bukittinggi, dari Padangpanjang, Batusangkar, Payakumbuh, Kota Padang dan Kabupaten Agam. Begitu antusiasnya para peserta.

Bahkan ada yang mendaftarkan diri lebih dari kuota yang diminta. Namun panitia tidak bisa meloloskan karena keterbatasan waktu dan juga persyaratan. Kegiatan pembukaan Gasani ini diadakan di lapangan sekolah. Diikuti oleh semua tamu undangan, peserta dan guru pendamping dari setiap sekolah.

Yang bikin seru, ketika pada acara pembukaan ditampilkan pentas seni dari siswa siswi SMP Islam Al-Ishlah berupa tari Galombang dari siswa kelas VII dan VIII, pembacaan Puisi oleh Rajwa Alya, yang juga pemenang lomba baca Puisi tingkat Sumatera Barat.

Parodi Literasi berupa drama singkat oleh siswa kelas IX. Penampilan story telling oleh English Club SMP Islam Al-Ishlah dengan mengangkat judul Uwais Al Qarni. Acara ditutup dengan penampilan menyanyi oleh Gilang Gemilang Ramadhan dari kelas IX.

Gilang menyanyikan lagu Rumah Kita yang dipopulerkan oleh Achmad Albar. Gilang membawakan lagu dengan pas sehingga membuat suasana menjadi ”pecah” di Gasani nan “wah” dan semua penonton ikut bernyanyi. Semua penampilan seni disambut hangat oleh semua undangan dan peserta yang hadir.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang akan diadakan setiap tahun oleh OSIS SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi,” ujar Fitryani, S.Pdi. Selaku pembina OSIS.

Semoga dengan adanya kegiatan Gasani ini, menjadikan SMP Islam Al-Ishlah semakin jaya dan dikenal oleh semua orang di Sumatera Barat. Serta menjadi media pendidikan bagi semua pengurus Osis belajar berorganisasi yang sesungguhnya dan juga belajar bertanggung jawab ! (*)