SMP Negeri 8 Payakumbuh, Bumikan Kegiatan Literasi!

7

Sejak sebelum pandemi covid-19, tepatnya awal 2019, SMPN 8 Payakumbuh sudah memulai geliat literasi dengan meluncurkan buku antologi, baik yang ditulis guru maupun para siswanya.

Buku pertama awal 2019 itu adalah antologi puisi yang ditulis 27 orang siswa yang berjudul “Lentera dari Kampus Biru”. Buku ini berisikan 64 puisi yang dikuratori oleh Tosfayana Mawardi, guru PAI SMPN 8 Payakumbuh yang diterbitkan dari hasil kerja sama Zikrina Publishing di Payakumbuh dengan Adhi Sarana Publishing di Jakarta.

Terbitnya buku pertama ini disambut baik seluruh warga SMPN 8 Payakumbuh. Kata pengantar buku ini ditulis oleh Kepala Sekolah H. Hendri S, S.Pd. Sayangnya setelah buku ini terbit, dunia dilanda pandemi covid-19 yang menyebabkan komunikasi tatap muka tentang kepenulisan sedikit terhambat.

Namun sebaliknya aktifitas siswa bidang kepenulisan justru menjadi lebih terbiasa. Setiap hari mereka memegang HP, mengerjakan tugas belajar dari rumah dan aktif di berbagai media sosial. Hal ini dimanfaatkan Tosfayana sebagai pembimbing kegiatan literasi.

Akhirnya tahun 2020 sampai 2021 SMPN 8 Payakumbuh berhasil merilis kembali satu buku Antologi tentang kisah inspiratif yang berjudul “Bunga Impian”.

Selain buku antologi ini juga diterbitkan buku solo “Rendezvous Perjalanan” Novel yang ditulis salah seorang guru, “Pelukku Bukan Pelikmu” Antologi cerpen oleh Diva Aulia Suci Rahmadhini siswi kelas 9 dan Novel “Thantotesiast” yang ditulis siswa yang sudah alumni.

Selain buku solo ini ada lagi belasan buku solo dan Antologi yang ditulis guru seperti buku Bara Api Inspirasi, Tujuh Muara Rimba, Tilas Sebingkai Desember, Ranah Minang I’m In Love, Episode Rindu, Jamuan Rindu, Aksara Romansa, Sudut Mimpi, Di Rumah Aja, Pijar Asmaradahana, Bias Kalbu di Tengah Corona, Sajak Huruf-Huruf, Dari Pledoi Hingga Ajal Menjemput, Waktu Berbaur Rindu, Life Need a Joke, Bangga Menjadi Guru, Berani Mengajar Siap Belajar, Delapan Penjuru Mata Angin, Sayap-Sayap Malam, Ayat-Ayat Hujan dan lain-lain. Buku-buku itu tersedia di Perpustakaan SMPN 8 Payakumbuh.

Baca Juga:  Idra Putri, Plt Kepala MTs Negeri 1 Kota Padang Serahkan Buku Solo Kedua

Pasca pandemi corona, SMPN 8 Payakumbuh masih terus membumikan kegiatan literasi kepenulisan ini dengan slogan “Satu Buku Satu Semester” yang sempat dipromosikan dan disampaikan ketika mendapat undangan di Radio Safasindo 2 November 2021 lalu.

Pada awal 2022 ini dirilis satu buku antologi lagi yang berjudul “The Power of Simpathy”. Buku ini berisi tentang kisah inspiratif yang ditulis oleh 35 orang siswa yang sedang dalam proses menunggu keluarnya nomor ISBN untuk selanjutnya menuju percetakan.

Buku luar biasa ini mendapatkan apresiasi dari banyak pihak dan mendapatkan endorse di cover bukunya dari Wakil Walikota Payakumbuh, H. Erwin Yunaz, S.E, M.M, Ketua komite SMPN 8 Payakumbuh, Chandra Ichwan, S.Sos dan kepala SMPN 8 Payakumbuh H. Hendri. S, S.Pd.

Kegiatan ini akan terus berlanjut pada semester-semester berikutnya yang menjadi ikon SMPN 8 Payakumbuh dan prestasi-prestasi lainnya di Bidang Olah raga, Solo Song serta kegiatan lainnya. (***)