Layanan Publiknya Sudah Maju, Padangpariaman Pilot Project Smart City

70

Perkembangan kemajuan program master plan Smart City Kabupaten Padangpariaman disampaikan pemkab kepada Tim Panelis Kemenkominfo RI, di Ruang Command Center, Kantor Bupati, Paritmalintang, Senin (23/11/2020).

Sekretaris Kabupaten Padangpariaman Jonpriadi menyampaikan paparannya secara virtual sebagai bahan evaluasi dan monitoring Tim Kemenkominfo karena Padangpariaman dipilih sebagai Pilot Project 100 Kabupaten dan Kota Smart City se-Indonesia.

“Kita sudah siapkan infrastruktur, SDM, inovasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam upaya penerapan smart city. Contohnya aplikasi perizinan online dan sistim pencatatan kelahiran dan kematian pada Disdukcapil” kata Jonpriadi didampingi Inspektur Hendra Aswara.

Kemudian, lanjut Jonpriadi, menghadapi pandemi Covid-19, layanan publik juga mengalami perubahan. Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) menggunakan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti penerapan tanda tangan digital, aplikasi pengaduan online dan absensi elektronik.

Sudah mengadopsi teknologi informasi dan telekomunikasi yang sesuai dengan kebutuhan layanan terhadap masyarakat dan aparatur.

“Jadi sejak tahun 2019, kita komit dan fokus untuk penerapan smart city karena manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat” ujar pejabat yang pernah menjadi Kepala Bappeda itu.

Sementara itu Inspektur Pemkab Padangpariaman Hendra Aswara mengatakan bahwa penerapan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Ke depan, juga akan dilakukan audit impelementasi SPBE di pemerintah daerah, khususnya terhadap perangkat daerah.

“Penerapan SPBE di suatu daerah, merupakan indikator untuk penyaluran Dana Insentif Daerah (DID). Jadi mau tidak mau, kita harus bergerak mendorong OPD memanfaatkan teknologi informasi dalam layanan publik” ujar pejabat yang pernah jadi Kadis Perizinan dan dekat dengan insan pers itu.(rel)

Previous articleJadi Aset Nasional, RUU Daerah Kepulauan jadi Prioritas di Prolegnas
Next articleSahkan APBD 28 November, Sepakati Anggaran MTQ dan Bangun Pedestrian