Melanggar Aturan Pemasangan, Ratusan APK Paslon Dibongkar

36
Penertiban APK dilakukan Satpol PP Kota Padang. (IST)

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang melakukan penertiban dan pembongkaran alat peraga kampanye (APK) yang menyalahi aturan, mengganggu ketentraman masyarakat dan ketertiban umum (trantibum), kemarin (25/11).

Pantauan Padang Ekspres di lapangan, APK-APK yang ditertibkan dan dibongkar tersebut di antaranya adalah baliho, spanduk, poster, dan umbul-umbul yang dipasang di sejumlah lokasi di 11 kecamatan di Kota Padang.

“Ada sekitar ratusan APK paslon itu kita bongkar, karena menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” kata Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi, kemarin.

Alfiadi mengatakan, sebelum dilakukan penertiban, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan petugas Bawaslu yang berada di masing-masing kecamatan. Tujuannya adalah untuk memberikan arahan, APK mana yang harus ditertibkan atau dibongkar karena melanggar aturan pemasangan.

Dalam melakukan penertiban itu, pihaknya menurunkan 146 personel Satpol PP Padang yang disebar di 11 kecamatan di Kota Padang. Lebih lanjut Alfiadi menyampaikan, selain melanggar aturan yang telah ditetapkan KPU, APK yang ditertibkan itu juga telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) No. 11 Tahun 2005 tentang Trantibum.

Baca Juga:  Mengenal Kemegahan The ZHM Premiere Hotel Padang

Pemasangan APK di tempat yang melanggar aturan tersebut mengganggu keindahan dan menghalangi pemandangan. Selanjutnya APK-APK yang ditertibkan tersebut dibawa ke Mako Satpol PP Padang. “Kegiatan ini pastinya akan terus dilakukan untuk memastikan trantibum di Kota Padang bisa terus ditegakkan dan berjalan dengan aman dan lancar,” tukasnya. (a)

Previous articleGarap Pasar Investasi Emas, Mandiri Syariah Rilis Fitur E-Mas
Next articleKebutuhan Darah Meningkat, Stok Menipis