Mentawai Raih Skor Tertinggi Pengendalian Covid-19 di Sumbar

Jumpa pers penanganan dan pengendalian Covid-19 di Mentawai. (IST)

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai meraih skor zonasi tertinggi dalam minggu ke-37 di Sumatera Barat dalam hal penanganan Covid-19 dengan nilai 2,73 persen. Hal ini, salah satunya disebabkan belum adanya kasus kematian akibat pandemi tersebut.

Kalaksa BPBD Kepulauan Mentawai, Novriadi, Senin (30/11/2020), mengatakan, meski masih berstatus zona kuning, namun, Mentawai memiliki skor tertinggi. Artinya, kata dia, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Mentawai juga tinggi.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras Satgas, kita bisa meraih skor tertinggi di Sumatera Barat. Saat ini, untuk meenjadikan Mentawai nol kasus, bukanlah hal yang mudah,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, melalui disiplin yang baik dan juga dukungan dari masyarakat, maka akan bisa menekan angka Covid-19 di Mentawai. Menurut dia, tingginya angka testing dibanding jumlah penduduk juga indikator lainnya. “Memang bukan perkara mudah untuk menjadikan Mentawai nol kasus. Paling tidak, kita bisa bersama-sama menekan angka positif Covid-19 di Mentawai,” katanya.

Tambah 5 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan, bahwa, saat ini, jumlah pasien sembuh di Mentawai sebanyak 171 orang dari 198 kasus positif. Untuk hari ini, Senin (30/11/2020) terjadi penambahan positif sebanyak 5 orang.

Baca Juga:  DPRD Mentawai Minta Segerakan Pengelolaan Layanan Kapal Antar Pulau

“Lima kasus hari ini, tersebar di wilayah Mentawai. 1 orang di Tuapejat pekerjaan ASN, 3 orang di Siberut, dua diantaranya juga ASN dan 1 orang di Muara Sikabaluan. Selama pengambilan swab tes di Padang bagi calon pelaku perjalanan ke Mentawai dari tanggal 19 November 2020 hingga 30 November 2020 ditemukan sebanyak 9 positif dari 909 orang,” ungkapnya. (rif)

Previous articlePLN UPK Teluk Sirih Bantu Korban Banjir dan Longsor
Next articleSejumlah Masyarakat Sungai Rumbai Sepakat Menangkan SR-Labuan