“Mengalah” demi Tamu, Begini Cara Gubernur Sulsel Melayani Tamunya

Mobil ini digunakan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menggantikan mobil dinas Toyota Alphard yang digunakan bagi tamunya selama berada di Sulsel. (IST)

Cara Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah ketika menerima tamu, patut dicontoh oleh kepala daerah lain di Indonesia. Bagi Nurdin tamu ibarat raja dan harus dilayani dengan baik. Untuk itu, Nurdin tak segan menggunakan mobil dinas pribadinya Toyota Alphard untuk transportasi tamunya selama berada di Sulsel. Selama di sana tamunya pun mendapatkan pelayanan terbaik.

“Mobil ini sehari-hari dipakai Gubernur Sulawesi Selatan Bapak Prof Nurdin Abdullah sebagai kendaraan dinas. Beliau memerintahkan saya untuk melayani Pak Aqua dan Pak Andani pakai mobil ini selama di Sulsel,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Mohammad Husni Thamrin kepada Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana dan Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, Dr Andani Eka Putra, Sabtu sore (25/07/2020)

Husni menyampaikan itu sesaat setelah mereka meninggalkan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulsel, Nurdin Abdullah menugasi Husni mendampingi Aqua dan Andani selama di Sulsel.

Kedatangan Aqua dan Andani ke Sulsel, atas tugas dari Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo untuk membantu mengeliminir kasus Covid-19 di sana.
Belakangan Doni juga menugaskan pakar Teknologi Informasi Ahmad Alghozi Ramadhan untuk bergabung dengan mereka di Makassar.

Sebelum berangkat ke Makassar, Aqua dan Andani lebih dulu menemui Nurdin di Hotel Kempinski Jakarta. Mereka bertiga berdiskusi lebih dari 2,5 jam, dari pukul 09.10-11.55 WIB.

“Selama Pak Aqua dan Pak Andani di Sulsel saya telah menugaskan Pak Husni untuk menemani. Jika sewaktu-waktu butuh bantuan silakan langsung sampaikan ke Pak Husni,” pesan Nurdin.

Mengalah demi Menghormati Tamu
Aqua dan Andani sejak dijemput di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, selama di Makassar, hingga meninggalkan bandara itu balik ke Jakarta naik mobil Toyota Alphard warna hitam berplat DD 3 QR. Kendaraan tersebut sehari-hari adalah mobil dinas Nurdin.

Demi menghormati tamunya, Nurdin pun “mengalah”. Mantan Bupati Bantaeng itu memilih memakai mobil Toyota Innova Venturer warna hitam berplat DD 1.

Tidak hanya itu, Nurdin juga menugaskan pengemudi terbaik Anis Amir untuk mengemudikan mobilnya. Laki-laki ramah itu bersama Nurdin sudah sejak 2008 ketika Nurdin kampanye untuk jadi Bupati Bantaeng, Sulsel, periode pertama.

Anis selama ini selalu mendapat amanah mengemudikan tamu-tamu VIP dan VVIP. Nurdin sangat percaya pada dia sehingga mendapatkan kepercayaan mulia tersebut.

“Saya ikut Pak Nurdin sejak 2008. Sangat bersyukur dan senang bisa menyopir orang-orang penting termasuk Pak Aqua dan Pak Andani. Beliau berdua orang hebat yang rendah hati sekali. Saya merasakan itu selama tiga hari melayani mereka. Khusus Pak Aqua meski teman akrab Pak Nurdin, namun beliau sangat menghargai saya dan ramah,” jelas Anis.

“Servis” kepada kedua tamu ini tak sampai di situ. Nurdin juga memberikan kamar di hotel terbaik buat mereka. Disiapkan di hotel bintang lima The Rinra Jl Metro Tanjung Bunga Nomor 2 Makassar. Pemandangannya laut yang indah.

“Selama Pak Aqua dan rombongan di Makassar, saya siapkan di Hotel The Rinra. Pemerintah Provinsi Sulsel memiliki saham di hotel itu. Silakan istirahat di sana,” ujar Nurdin ke Aqua yang sudah sering menginap di hotel tersebut.

Selain itu, selama di Sulsel, Nurdin juga meminta Husni untuk mengajak mereka menikmati aneka makanan khas Makassar. Umumnya dari laut yang diolah jadi berbagai makanan yang enak dan nikmat.

Begitulah cara Nurdin Abdullah melayani dan menghargai para tamunya. Hal tersebut memberikan kesan yang sangat mendalam dan tentu akan dikenang sepanjang masa oleh mereka yang pernah merasakannya. (rel/bis)