Mayjen TNI Purn Sunindyo Apresiasi Gerakan Sosial Aqua Dwipayana

91

Kiprah sosial Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang terus menebar kebajikan kepada setiap orang yang ditemuinya di berbagai tempat dan kesempatan, menuai apresiasi dari mantan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Purn Sunindyo.

Gerakan kebaikannya yang terus menebar kebermanfaatan lewat penjualan buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang merupakan kumpulan tulisan Dr Aqua serta testimoni rekan-rekannya atas gerakan silaturahim yang digagas dan dilakukannya dengan konsisten, dinilai sebagai sebuah gerakan fenomenal.

“Bayangkan saja, hasil pemasaran buku tersebut telah dipakai membiayai umrah ratusan orang. Jadi banyak orang telah merasakan manfaatnya,” demikian disampaikan Sunindyo.

Setidaknya sudah tiga kali dalam dua minggu terakhir ini Sunindyo berkesempatan bersua dengan Aqua. Pertama di Kota Solo ketika Aqua mendampingi Chief Executive Officer (CEO) Paragon Innovation and Technology Salman Subakat melakukan Safari Ramadhan Lintas Pulau Jawa pada pertengahan April 2021. Kedua,  saat buka puasa bersama di Solo ketika Aqua bersama Salman dan rombongan berhenti di Solo dalam perjalanan dari Jombang ke Yogyakarta. Ketiga, dia kembali bersilaturahim dengan Aqua di rumahnya di Jakarta pada Kamis sore (29/4/2021) lalu.

Sunindyo yang juga Komisaris PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) itu memang berteman lama dengan Dr Aqua. Sejak berpangkat Kolonel, ia selalu mengikuti aktivitas Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu dan terus mengapresiasi semua kegiatan yang dilakukan Aqua.

Buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” diluncurkan pada 15 April 2016 bersamaan dengan promosi Doktor Komunikasi Aqua di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung. Awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan buat souvenir kegiatan tersebut.

Ternyata pesanan bukunya banyak sekali. Sampai sekarang sudah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Setiap cetak 20 ribu eksemplar. Buku itu masuk kategori super best seller.

Dari buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” lahirlah kemudian Gerakan Umrah The Power of Silaturahim (The POS) yang dibiayai dari hasil penjualan buku tersebut. Ketua tetap rombongan umrahnya setiap tahun adalah wartawan senior Nurcholis MA Basyari.

Bergulir sejak 2017, total jamaah The POS yang dipimpin Nurcholis itu hingga kini mencapai 167 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial-budaya, ekonomi, dan pekerjaan/profesi.

Perinciannya POS I 2017 sebanyak 35 orang, POS II 2018 berjumlah 39 orang, POS III 2019 mencapai 50 orang, dan POS IV 2020 43 orang.

Jamaah POS IV sedianya berangkat ke Tanah Suci April 2020. Namun, keberangkatan jamaah POS IV teradang oleh pandemi Covid-19 sehingga tertunda entah sampai kapan.

“Semoga saja pandemi ini cepat berakhir sehingga jamaah POS IV dapat segera menunaikan umrah ke Tanah Suci Mekkah dan berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah,” harap Aqua.

Saat sekitar dua minggu lalu ketemu di Hotel Diamond Solo, Aqua memberikan dua buku barunya ke Sunindyo. Kedua buku itu berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Begitu menerima kedua buku itu, selain meminta Aqua untuk menandatangani buku-buku tersebut, Sunindyo berkomentar, “Wah bakal banyak orang lagi yang Pak Aqua berangkatkan umrah. Sukses dan berkah terus Pak Aqua. Selalulah berbuat baik dengan membantu sesama.”

Baca Juga:  Hindari Petugas, Pemudik Sembunyi di Truk Sayur

Lewat tulisan-tulisan yang selalu dikirimkan Aqua ke ribuan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan, Sunindyo memonitor tentang kedua buku itu, termasuk jumlah penjualannya. Dia kagum karena telah banyak yang laku.

Sejak diluncurkan awal Januari 2021, kedua buku yang tergabung dalam buku Trilogi The Power of Silaturahim karya Dr Aqua Dwipayana itu telah terjual sebanyak 25 ribu eksemplar. Sedangkan selama bulan Ramadhan ini berhasil dipasarkan ratusan eksemplar. Total dua buku tersebut dicetak 40 ribu eksemplar.

Rugi Sendiri

Suami dari Farita Nasution itu melanjutkan, jika ada orang yang tidak menerima kehadiran Aqua akan rugi sendiri. Apalagi biasanya kedatangan mantan wartawan di banyak media besar itu murni silaturahim. Tidak ada embel-embel yang lain.

Selain itu, lanjut Sunindyo, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini biasanya selalu berusaha membantu tanpa pamrih orang yang didatanginya. Wujud bantuan itu beragam, sesuai kebutuhan orang yang ditemuinya.

Jika mengenalkan seseorang ke orang lain, menurut Sunindyo, biasanya tujuan Aqua hanya untuk silaturahim. Memperluas persaudaraan. “Tidak ada maksud-maksud lain, apalagi untuk mendapat keuntungan buat pribadinya,” imbuhnya.

Orang yang dikenalkan, tambah Sunindyo, telah teruji kredibilitasnya karena Aqua melakukannya dengan sangat selektif. Jadi tidak sembarangan orang.

Dia telah merasakan sendiri hal itu. Terakhir, Aqua mengenalkan kepadanya CEO Paragon Innovation and Technology Salman Subakat. Pemilik pabrik kosmetik terbesar di Indonesia yang memproduksi antara lain produk merek Wardah, Putri, Make Over, Emina, dan Kahf.

Mereka bertemu pada Selasa malam (20/4/2021) di kamar suite Hotel Diamond Solo yang ditempati Sunindyo. Pertemuan itu mulai sekitar pukul 23.00 hingga pukul 01.00 Rabu dini hari (21/4/2021).

“Jadi jika ada yang menolak kehadiran Pak Aqua termasuk kalau beliau mau mengenalkan sahabatnya, akan rugi sendiri. Karena biasanya kehadiran Pak Aqua membawa rezeki,” kata Sunindyo.

Tanpa pamrih untuk TNI dan Polri

Secara khusus, Sunindyo juga memberikan apresiasi tinggi atas kiprah Aqua  dalam mendorong prajurit TNI untuk selalu menunjukkan kinerja terbaik, melalui Sharing Komunikasi dan Motivasi. Penulis banyak buku best seller itu konsisten melakukan hal tersebut.

Menurutnya khusus di jajaran TNI dan Polri Aqua selalu antusias dan penuh semangat berbagi ilmu tanpa pamrih. Sharing Komunikasi dan Motivasi, bahkan dalam banyak sesi dilakukannya dengan penuh ketulusan dan keikhlasan.

“Dan terbukti, manfaatnya besar sekali buat semua prajurit dan keluarganya terutama yang menghadiri langsung kegiatannya,” tegas Sunindyo.

Saat Sharing Komunikasi dan Motivasi itu, menurut Sunindyo, Aqua bahkan sering memberikan hadiah kepada peserta. Jika diakumulasikan jumlahnya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Wujudnya mulai dari sejumlah uang, liburan ke Bali dan Yogyakarta serta kota-kota lainnya, hingga umrah.

“Selama ini lewat kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi, Pak Aqua telah mencerahkan banyak orang. Itu dilakukan tidak hanya di 34 provinsi di Indonesia tetapi juga di puluhan negara. Manfaatnya besar sekali terutama pada semua peserta yang menghadiri acara Pak Aqua,” pungkas mantan Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Darat ini.(idr)

Previous articlePengemis Mengais Iba di Sepanjang Trotoar Kantor Gubernur Sumbar
Next articleDitjen Hubdat Beri Stiker Bus AKAP yang Melayani Kebutuhan Nonmudik