Pemkab Subang Minta Dilibatkan dalam Pembangunan Pelabuhan Patimban

35

Komite II DPD RI menyoroti masalah pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang.  Dalam pertemuan di Kediaman Bupati Subang, Sabtu (3/10/2020), Yorrys Raweyai Ketua Komite II DPD RI, mengingatkan pemerintah pusat untuk melibatkan Pemerintah Kabupaten Subang dalam pembangunan Pelabuhan Patimban.

Kunjungan Pimpinan Komite II ke Kabupaten Subang dihadiri oleh Ketua Komite II Yorrys Raweyai, Wakil Ketua Abdullah Puteh, Bustami Zainudin, dan Hasan Basri. Turut serta Anggota Komite II Edwin Pratama Putra,  Stefanus B.A.N Liow dan Andri Prayoga Singkaru dalam rangka pengawasan terhadap pembangunan di Kabupaten Subang terutama pertanian dan infrastruktur.

Rombongan Komite II DPD RI diterima Bupati Subang Ruhimat dan Wakil Bupati Agus Maskur Rosyadi. Dalam kesempatan itu, Ruhimat menyampaikan laporan pembangunan di Kabupaten Subang. Disampaikan bahwa pihaknya hingga saat ini belum dilibatkan dalam pembangunan Pelabuhan Patimban. Lantaran sudah 25 hektare lahan telah dihibahkan untuk pembangunan Pelabuhan Patimban. Di sisi lain, Ruhimat mengungkapkan bahwa jalan menuju Pelabuhan Patimban saat ini kurang layak, sehingga diperlukan pelebaran jalan menuju kawasan pelabuhan tersebut.

Ruhimat berharap pemerintah pusat dapat memberikan setidaknya satu hektare kepada Pemerintah Kabupaten di kawasan Pelabuhan Patimban tersebut. “Kita berharap pemerintah pusat dapat memberikan setidaknya minimal satu hektare lahan. Nanti pengelolaannya oleh Pemkab Subang. Semoga Komite II DPD RI dapat menjembatani kita dengan pemerintah pusat,” papar Ruhimat dalam pertemuan tersebut.

Lebih lanjut Ruhimat menyampaikan bahwa saat ini 6.000 Ha hutan produksi yang akan diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Subang dapat diolah oleh Gapoktan untuk pertanian dan peternakan namun lahan tersebut tidak dapat digarap karena peralatan yang masih kurang. Pemerintah Kabupaten Subang sangat berharap agar Komite II dapat menyampaikan kepada kementerian terkait sehingga rencana pengolahan lahan tersebut dapat membantu petani di Kabupaten Subang.

Baca Juga:  Lanyalla: Teknologi Digital Harus Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Merespons yang disampaikan Bupati Subang, Ketua Komite II Yorrys Raweyai menyatakan sangat mengapresiasi Kabupaten Subang. Yorrys berjanji akan berkomunikasi dengan stakeholder yang terkait dengan pembangunan Pelabuhan Patimban.

“Komite II  sangat mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Subang. Kita akan mendorong Kementerian PUPR, Perindustrian dan Perhubungan untuk melibatkan pemerintah Kabupaten Subang dalam setiap program kementerian, terutama dalam proyek pembangunan Pelabuhan Patimban,” ungkap Yorrys.

Dilanjutkan Yorrys, Komite II DPD RI juga akan melakukan pengawasan terhadap proyek Pelabuhan Patimban agar pembangunan dapat berjalan sesuai target.

Wakil Ketua Komite II Hasan Basri dalam kesempatan yang sama, meminta Pemerintah Kabupaten Subang selalu berkomunikasi dengan Komite II DPD RI melalui  senator asal Provinsi Jawa Barat. Ia berharap dengan adanya komunikasi dengan senator-senator tersebut, program Pemerintah Kabupaten Subang dapat berjalan dengan baik.

Abdullah Puteh, senator asal Aceh yang juga Wakil Ketua Komite II mengatakan bahwa Kabupaten Subang mempunyai peran strategis dengan Pelabuhan Patimban. Pelabuhan tersebut dapat mendorong perekonomian Kabupaten Subang sehingga Pemerintah Kabupaten Subang jangan hanya jadi penonton dalam proyek pelabuhan tersebut. Komite II DPD RI akan memperjuangkan kepentingan Pemerintah Kabupaten Subang dengan mengundang Kementerian BUMN, PUPR dan Perhubungan.

Dialog Komite II DPD RI ditutup dengan penyerahan program dari Kabupaten Subang kepada Ketua Komite II oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang. Ketua Komite II DPD RI sangat mengapresiasi dan akan mengawal program tersebut kepada Kementerian terkait dan Kabupaten Subang akan menjadi contoh dalam memperjuangkan kepentingan daerah. (rel)