Netizen Ramai ‘Bismillah Komisaris’, Andre: Biasa, Pro-Kontra Abdee

25

Pengguna Twitter ramai-ramai menuliskan ‘Bismillah komisaris’ diikuti nama BUMN yang diinginkan sembari memuji-muji pemerintah. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menilai hal itu merupakan dinamika penunjukan Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom.

“Biasa itu, dinamika pro dan kontra dari pengangkatan Abdee Slank. Jadi ada pro dan kontra di tengah masyarakat, yang kontra tentu ya ‘Bismillah komisaris’ itu kan bagian dari sindiran-sindiran dan itu tentu bagian dari demokrasi. Di alam demokrasi, itu hal yang wajar dan lumrah,” ucap Andre, Sabtu (5/6/2021).

Dia menilai hal tersebut harus menjadi masukan bagi pemerintah dalam menunjuk orang-orang untuk mengisi jabatan di BUMN. Politikus Gerindra ini menilai ramainya warganet yang menulis ‘Bismillah komisaris’ menunjukkan kepedulian rakyat terhadap nasib BUMN.

“Tentu ini menjadi masukan bagi pemerintah ke depan dalam pengangkatan komisaris harus mengedepankan kompetensi sesuai bidang komisaris perusahaan yang akan dipimpin. Itu biasa, dalam negara demokrasi itu biasa,” ucapnya.

Andre juga menegaskan Komisi VI, yang salah satu ruang lingkup kerjanya adalah BUMN, bakal mengawasi kinerja para pejabat BUMN yang ditunjuk pemerintah. Dia juga berharap orang-orang yang menjadi sorotan menunjukkan kinerja baik ketika menjabat komisaris.

Baca Juga:  Andre Rosiade Nilai BSI masih Anut Prinsip Ekonomi Kapitalis

“Komisaris dan direksi yang disorot itu harus betul-betul menunjukkan kinerjanya. Itu yang paling penting. Jangan juga Anda sudah diangkat, Anda jadi beban pemerintah. Ingat, 6 bulan kinerja nggak kinclong, ya siap-siap berhadapan dengan kami di Komisi VI. Kita nggak ragu lho,” tutur ketua DPD Partai Gerindra Sumbar.

Ketua Komisi VI Faisol Riza juga tak mempermasalahkan ramainya cuitan ‘Bismillah komisaris’. Dia menilai hal itu bagus.

“Bagus,” ucap Faisol Riza.

Sebelumnya, muncul fenomena di media sosial, khususnya Twitter, yakni netizen ramai-ramai berdoa untuk menjadi komisaris badan usaha milik negara (BUMN). Narasi yang dilontarkan pada umumnya berbunyi ‘bismillah komisaris’ sambil menyebut perusahaan pelat merah yang diinginkan.
Gerakan tersebut mencuat di Twitter setelah Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank ditunjuk sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero). Abdee Slank diketahui merupakan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Netizen tampaknya ingin menyindir pemerintah dengan memuji-muji kinerja pemerintah, lalu berdoa agar diangkat menjadi komisaris juga. (*)

Previous articleDPRKP Padang Perbaiki Plat Duicker di Kompleks Permata Surau Gadang
Next articleAndre Rosiade: Gerakkan Ekonomi, Hancurkan Sistem Rentenir