Yuri: Masih Ada Kasus Positif tanpa Gejala di Tengah Masyarakat

Jubir Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (foto: dok)

Jumlah pasien positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Indonesia yang sembuh setiap hari terus bertambah. Hingga Senin (6/4), secara total tercatat 192 pasien telah sembuh, 2.491 pasien konfirmasi positif Covid-19, dan 209 pasien meninggal.

Jubir Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, pasien sembuh bertambah 28 orang sehingga total menjadi 192 orang. Pasien positif Covid-19 bertambah 218 orang sehingga total 2.491. Sementara pasien yang meninggal dunia bertambah 11 menjadi 209 orang.

“Ini gambaran yang riil dari data yang kita dapatkan hari ini (6/4), masih menunjukkan terjadinya penularan. Masih ada kasus positif tanpa gejala yang ada di tengah masyarakat,” kata Achmad Yurianto, Senin (6/4).

Achmad mengatakan pemerintah akan terus melakukan kajian epidemiologi dan membatasi mobilitas manusia untuk mencegah penularan lebih luas.

Untuk itu, dia kembali meminta masyarakat untuk disiplin berdiam diri di rumah, memakai masker, dan cuci tangan pakai sabun.

“Apabila kita disiplin melakukan itu maka kita yakin bahwa penularan ini bisa kita hentikan. Kami yakin kita bisa melalui masa-masa sulit. Kami yakin Indonesia pasti bisa,” ujar pejabat Kemenkes yang biasa disapa Yuri itu.

Selain itu, dia juga menyampaikan partisipasi masyarakat dari seluruh penjuru dunia telah diterima pemerintah Indonesia Rp 82,5 miliar dan sudah disalurkan untuk penanganan Covid-19.(esg)