Andre Rosiade Desak BUMN dan Kemendag Siapkan Pasokan Oksigen

10
Andre Rosiade saat Rapat Kerja Komisi VI DPR dengan Menteri BUMN di Gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Anggota Komisi VI Fraksi Gerindra Andre Rosiade meminta Menteri BUMN Erick Thohir menginstruksikan BUMN untuk membantu rumah sakit menyediakan pasokan oksigen. Kekurangan pasokan oksigen tersebut akibat tingginya kebutuhan untuk pasien Covid-19.

“(BUMN) seperti Krakatau Steel, Pupuk Indonesia, dan Pertamina,” ujar Andre dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Andre juga mendesak kementerian perdagangan (Kemendag) segera membuka keran impor oksigen agar kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi. Andre tak ingin kejadian seperti RSUP Sardjito yang menewaskan puluhan pasien terulang kembali.

“Kami mendesak pemerintah melalui mitra komisi 6, yakni Kementrian BUMN untuk mengalihkan oksigen industri untuk kebutuhan medis dan kemendag segera melakukan impor oksigen,” tegasnya.


Sebelumnya Andre mengusulkan rumah sakit darurat BUMN dibuka di Kompleks GBK. Pengelolaan rumah sakit ini diserahkan ke holding rumah sakit Kementerian BUMN.

“Lapangan Tennis Indoor dan Istora bisa dipakai untuk rumah sakit darurat yang dikelola RS BUMN yakni IHC,” ujar anggota Fraksi Gerindra DPR ini.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perusahaan pelat merah tak memiliki keahlian dalam memproduksi oksigen. Namun, pihaknya akan berusaha membantu untuk mendistribusikan oksigen dengan mengerahkan fasilitas BUMN.

Baca Juga:  Andre Rosiade dan Gerindra Bantu Biaya Berobat Istri Tukang Bangunan

Sementara itu Mendag Muhammad Lutfi memastikan pemerintah akan mempermudah impor oksigen ke Indonesia. Dia menyebutkan sudah ada impor pasokan oksigen yang akan dilakukan dari Taiwan. (*)