Ira Koesno & Yovie Widianto Galang Dana untuk Covid-19

Ira Koesno.

Presenter Ira Koesno dan musisi Yovie Widianto menggalang dana untuk membantu penanganan virus korona atau Covid-19 di Tanah Air. Penggalangan dana yang dilakukan juga terbilang unik, yakni melalui serangkaian seminar online via aplikasi zoom cloud meeting bertajuk Seminar Online Ramadhan #dirumahaja. EDUKASI sambil ber(DONASI).

Seminar terbagi dalam lima sesi dan akan diisi pemateri dari sejumlah figur publik seperti Cak Lontong, Joko Anwar, Jeremy Teti, dan Prita Ghozie. Yovie sendiri akan mengisi satu sesi dan Ira menjadi moderator keseluruhan.

Sineas Joko Anwar akan mengisi sesi pertama pada Selasa 5 Mei 2020 mulai pukul 15.30 – 16.30. Materi yang dibahas adalah tentang jenis-jenis profesi di industri film. Menurut perempuan penyandang gelar Master of Arts Jurnalistik Internasional dari Universitas Westminster, Inggris, ini, masyarakat yang ingin ikut seminar ini tidak akan dipungut biaya, cukup menyumbang minimal Rp 50.000 sebagai donasi.

“Jika mau menyumbang lebih besar, tentunya lebih baik. Semua dana yang terkumpul nantinya akan didonasikan untuk paramedis, pramubakti, sopir ambulan, dan satpam di beberapa rumah sakit yang berada di zona merah pandemi Covid-19,” ujar Ira, Selasa (5/5).

Lebih lanjut Ira menjelaskan, seandainya ada yang mau berdonasi tetapi tidak bisa ikut seminarnya karena mungkin berbenturan dengan agenda lain, ya tidak apa-apa juga. “Ada beberapa yang begitu juga soalnya. Terpenting lagi, meski sesi seminar hanya 1 jam, dompet donasi tetap dibuka selama 24 jam,’’ terangnya.

Di tempat terpisah, Yovie mengatakan, program ini juga sebagai upaya menambah ilmu sekaligus memupuk amal selama Ramadhan. Ketika ditanya mengapa baru sekarang program donasi ini dilakukan padahal wabah Covid-19 sudah berjalan beberapa waktu lamanya, Yovie menjawab bahwa tak pernah ada kata terlambat untuk berbuat baik. (esy/jpg)