Via Vallen Harus Tahan Nafsu Dulu

Penyanyi Via Vallen mengamati perubahan perilaku orang setelah virus korona atau covid-19 mewabah di Tanah Air. Pedangdut asal Jawa Timur itu mengaku, virus yang awalnya muncul di Wuhan, Tiongkok, ini membuat orang jadi lebih peduli pada kebersihan.

Misalnya, ungkap Vallen, orang yang selama ini batuk sesuka hati tanpa menutup mulut, kini hal itu tidak terjadi lagi. Dia pun berharap kebiasaan positif ini terbawa meskipun korona sudah berhasil ditanggulangi.

”Orang yang selama ini batuk seenaknya dewe sekarang jadi lebih bisa menjaga. Jadi virus korona bisa mengubah kebiasaan orang,” ucap Via Vallen dalam acara live streaming bersama Smartfren, kemarin.

Dalam kesempatan itu, pelantun lagu Sayang itu mengingatkan orang-orang untuk mematuhi imbauan pemerintah stay at home. Lebih baik berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Hal itu supaya tidak terjangkit virus korona.

”Mungkin kita pengin main, pengin ke mall, (tapi) bisa kita lakukan nanti setelah semuanya kondusif. Kita tidak tahu di daerah itu, di area itu ada yang positif atau enggak,” ungkapnya.

Terlebih, jika ada droplet covid-19 yang tak sengaja jatuh dan tersentuh seseorang pada suatu benda. Akhirnya bisa kena dan berisiko positif covid-19.

”Aku dengar orang-orang yang sembuh dari korona itu paru-parunya tetap rusak. Dari pada ngambil risiko itu mendingan kita dulu tahan keinginan, tahan dulu nafsu untuk jalan. Mending kita di rumah aja demi masa depan yang lebih baik lagi,” paparnya.

Via Vallen menyadari, imbauan stay at home tidak mudah bagi beberapa kalangan. Seperti bagi mereka yang mengandalkan penghasilan dari pekerjaan harian.

Meski begitu, Via Vallen tetap menganjurkan mereka untuk berada di rumah demi kesehatan. Dia pun berharap orang-orang yang memiliki penghasilan lebih, bisa membantu mereka yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus korona. Supaya mereka juga bisa berdiam diri di rumah seperti yang lainnya.

”Sabar aja rejeki enggak bakal kemana. Mudah-mudahan banyak yang punya uang lebih membantu orang-orang untuk tetap stay di rumah aja. Utamakan keselamatan buat kalian semua, anjuran pemerintah buat di rumah aja benar banget,” tutur Vallen.
Via Vallen dalam kesempatan itu juga mengimbau untuk menyemprot desinfektan barang-barang yang sering disentuh di dalam rumah. Seperti gagang pintu atau yang lainnya.

”Cuci barang-barang rumah yang paling sering disentuh kayak gagang pintu. Semprot pakai desinfektan. Kalau misalkan kita ke luar rumah kayak beli makanan jangan lupa sebelum masuk ke rumah harus disemprot dulu, aku di rumah kayak gitu. Baju yang dipakai dijemur supaya kena panas, cuci tangan dan kalau bisa mandi,” tandas Via Vallen. (*)