Presiden Buka MTQ Nasional, Gubernur: Target Sumbar Masuk Lima Besar

119

Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno menyambut kedatangan Menteri Agama RI Fachrul Razi di ruangan VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (14/11/2020) pagi.

Kedatangan Menteri Agama direncanakan untuk menghadiri upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXVIII tahun 2020 akan dilaksanakan Pukul 19.30, Sabtu (14/11/2020) di Main Stadion Sikabu, di Kabupaten Padangpariaman.

“Upacara MTQ ke-XXVIII akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual. Menteri Agama Fachrul Razi akan menghadiri secara langsung di Main Stadion Sikabu,” kata Gubernur Irwan Prayitno.

Sebelumnya, para khafilah MTQ sudah berdatangan ke Sumbar. Sebanyak 1.476 peserta dari 32 provinsi siap mengikuti 8 cabang musabaqah. Sementara dua provinsi menyatakan tidak ikut, yakni Yogyakarta dan NTT karena pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Irwan Prayitno menyebut semua tahapan MTQ sudah sesuai protokol kesehatan yang ketat agar MTQ tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Setiap kafilah yang datang tetap kita lakukan pemeriksaan yang mengacu protokol Covid-19. Semua ini kita lakukan untuk antisipasi agar virus korona tidak menyebar di Sumbar,” ucapnya.

Irwan Prayitno menargetkan khafilah Sumbar bisa menempati posisi lima besar dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2020 di Sumatera Barat.

“Insya Allah, kali ini kita targetkan khafilah kita masuk lima besar. Mohon doanya dari masyarakat Sumbar,” kata Irwan.

Setelah istirahat di BIM, Menteri Agama bersama Gubernur menuju Padang untuk melanjutkan kegiatannya, yaitu melantik Dewan Hakim MTQ Nasional ke XXVIII di Aula Kantor Gubernur.

Baca Juga:  Hindari Bola Mati

Anies: Pertahankan Juara

Sementara itu, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan kafilah dari Provinsi DKI Jakarta kembali berhasil meraih juara umum MTQ Nasional pada 12-21 November 2020 di Sumatera Barat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas kafilah untuk ikut MTQ yang diadakan di Sumbar.

“Kalau kafilah lain berangkat dengan tujuan untuk meraih juara. Kita berangkat ke sana sebagai satu jafilah untuk mempertahankan juara. Karena Jakarta adalah juara umum bertahan MTQ Nasional sejak 2018. Insya Allah tahun ini kita kembali mempertahankan gelar tersebut,” ujarnya saat melepas kafilah DKI Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Kepada seluruh peserta, pelatih, dan pendamping, Anies meminta  agar fokus untuk mempertahankan juara umum. Seluruh ikhtiar persiapan dalam menghadapi kompetisi MTQ telah dilakukan dengan baik dan saat ini mencapai ujungnya.

“Luruskan niat untuk melakukan yang terbaik dan diiringi dengan doa dari orang tua seluruh Kafilah, serta menjaga nama baik DKI Jakarta,” ujarnya.

Anies juga mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan sepanjang perjalanan dan kegiatan MTQ. Agar berangkat dalam keadaan sehat dan pulang kembali ke Jakarta juga dalam keadaan sehat, sekaligus membawa status juara umum kembali.

“Insya Allah perjalanan ini menjadi perjalanan yang secara fisik menyenangkan, secara fisik nyaman, dan menjadi perjalanan yang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,” ungkapnya.(rel/hms)