Sandang Gelar Raden Bangsawan, Erick Thohir jadi Adik Zulkifli Hasan

40

Ada yang istimewa dalam rangkaian safari yang dilakukan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir di Lampung. Sabtu (19/6/2021).

Masyarakat adat Lampung marga Dantaran memberikan gelar adat kehormatan kepada Erick. Gelar ini menjadi istimewa bukan hanya karena mengangkatnya sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran, namun juga sekaligus menobatkan Erick sebagai bangsawan dan adik langsung Zulhas secara adat.

Dalam adat marga Dantaran, Lampung Selatan, Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa. Gelar tersebut penghormatan untuk bangsawan atau raja. Sementara itu, kepala adat marga Dantaran dengan gelar Sai Batin, Pangeran Ahmad Fajrin, menobatkan Erick Thohir sebagai Raden Bangsawan.

“Ini semacam adik-kakak. Pak Zul kakaknya, Pak Erick adiknya. Secara adat keduanya kakak beradik yang disahkan oleh keluarga besar marga Dantaran.” Ujarnya.


Upacara pemberian gelar adat ini diselenggarakan di SMA Kebangsaan, Kalianda, Lampung Selatan. Acara dimeriahkan oleh berbagai rangkaian acara adat, mulai dari silat sampai tarian. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, semua tamu yang hadir diwajibkan melakukan test swab antigen.

Baca Juga:  Umrah Dibuka, Kemenag Lobi Pemerintah Saudi

Zulhas menyampaikan bahwa pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka, tetapi hal penting untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan Budaya. “Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan berasama, karena ini bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita,” ungkap Zulhas.

Sementara itu, Erick Thohir menyampaikan rasa syukur dan bahagianya menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. “Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan, apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua. Visi untuk mengerjakan pembangunan. Kita tidak ingin Indonesia maju tapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya,” ujar Erick dalam rilis yang diposting di akun resmi Zulkifli Hasan.(rel)