Menkominfo Puji TelkomGroup Bangun Infrastruktur ICT Mandalika GP Series

2

Perebutan gelar juara dunia MotoGP Mandalika 2022 berlangsung, Minggu (20/3/2022). Sebagai BUMN telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Telkom) berkomitmen mendukung suksesnya perhelatan event motosport kelas dunia ini melalui penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi terbaik.

Pada Minggu pagi (20/3), Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Posko MotoGP 2022 Mandalika TelkomGroup. Menkominfo hadir didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko.
Dalam kesempatan ini, Menkominfo meninjau kesiapan dan performansi layanan TelkomGroup secara real time.
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah memaparkan dukungan infrastruktur dan layanan TelkomGroup dalam kegiatan Mandalika MotoGP Series. TelkomGroup menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di area venue meliputi medical center, paddock, pit building, race control, TV compound, dan tribune, termasuk infrasruktur backbone dan backup. Total kapasitas layanan di venue mencapai 30,8 Gbps, dengan 684 titik layanan fixedline termasuk Wifi dan IndiHome serta 1.908 titik layanan mobile selular Telkomsel yang tersebar di berbagai titik di Mandalika.
Demi memastikan keandalan layanan, TelkomGroup membangun posko yang beroperasi 7×24 jam dengan total 408 orang personel. Layanan tersebut dimonitor rutin melalui sistem monitoring Integrated Operation Center baik regional maupun nasional.
Secara langsung Menkominfo mengapresiasi kesiapan dan kesigapan TelkomGroup dalam menghadirkan infrastruktur dan layanan kelas dunia demi menyukseskan penyelenggaraan Mandalika MotoGP Series di Indonesia.
“Hari ini adalah moment of truth suatu deliverable, showcase Indonesia baik ke masyarakat Indonesia maupun kepada dunia akan kesiapan kita transformasi digital. Ini showcase telekomunikasi Indonesia, kesempatan yang harus kita manfaatkan di banyak hal. Tidak hanya impresi atau kesan, tapi yang lebih utama yaitu pembangunan perekonomian, telekomunikasi dan pariwisata serta peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat lokal,” ujar Johnny G. Plate.
Lebih lanjut Menkominfo mengatakan bahwa Mandalika GP Series adalah momentum yang harus dimanfaatkan dengan benar karena menjadi momen kesejajaran Indonesia dengan negara lain.
Layanan telekomunikasi di Mandalika mendapatkan apresiasi berbagai pihak, termasuk dari pebalap. Untuk itu, Menkominfo menyampaikan apresiasi kepada Telkom, Telkomsel, operator jaringan dan seluler yang bekerja secara kolaboratif untuk menyukseskan event ini.
Selanjutnya, Menkominfo mengunjungi Bale TelkomGroup, exclusive longue di Bukit 360 dengan lokasi strategis di tikungan 10 Sirkuit Mandalika yang diperuntukkan kepada pelanggan eksekutif IndiHome dan Telkomsel menyaksikan secara langsung balapan MotoGP.
Dibangun di atas lahan seluas 200 m2, Bale TelkomGroup dirancang khusus dengan konsep modern open space house sehingga pemandangan lintasan yang saling menyambung dari pantai hingga bukit bisa terlihat jelas dan estetik.
“TelkomGroup berkomitmen mendukung suksesnya perhelatan dunia Mandalika MotoGP Series ini, baik dalam hal sukses kapasitas, sukses kualitas maupun sukses performansi. Sama halnya dengan event internasional yang kami pernah dukung sebelumnya, TelkomGroup memastikan agar penyediaan infrastruktur dan layanan yang dihadirkan andal dan berkelas dunia sehingga mampu memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh penggunanya,” jelas Ririek.
Lebih lanjut Ririek berharap Mandalika GP Series semakin meningkatkan citra bangsa dan negara yang mampu menyelengarakan perhelatan berkelas dunia di tengah pandemi Covid-19. “Semoga Indonesia menjadi negara yang semakin kuat di mata internasional dan semakin banyak event internasional yang hadir di Indonesia ke depannya,” tutup Ririek.(rel)