Cinta Laura Kiehl Mantapkan Karir Sebagai Penyanyi

Cinta Laura Kiehl

Menetap dan meniti karir di Amerika Serikat pada 2013, Cinta Laura Kiehl pulang ke Indonesia setahun terakhir. Selain main film, dia juga melanjutkan karir sebagai penyanyi di Indonesia.

Perjalanan Cinta Laura, 26, sebagai penyanyi dimulai pada 2007 ketika mengisi soundtrack filmnya, Oh Baby. Album pertamanya rilis tiga tahun kemudian. Tapi, Cinta yang dulu berbeda dengan sekarang. Tujuh tahun setelah vakum nyanyi, tahun lalu dia merilis dua single. Caliente dan Vida. Konsep yang dihadirkan lebih kuat. Dia juga memperlihatkan kemampuan nge-dance yang sudah pesat. Apa lagi yang baru dari Cinta?

Sentuhan Jerman dan Sunda

Lewat lagu barunya, Cinta ingin menunjukkan siapa dirinya. Bukan cuma kepribadiannya yang energik, tapi juga latar belakang budayanya. Sebagaimana diketahui, ayahnya orang Jerman dan ibunya berdarah Sunda. Cinta ingin menambahkan dua unsur budaya itu dalam Cloud9.

Di bagian refrain, lulusan Columbia University tersebut melakukan yodeling-seruan yang kerap dilakukan penggembala di Eropa, termasuk di Jerman. ”Kalau untuk Sunda, itu tecermin lewat instrumen suling di beberapa bagian lagu,” terang perempuan yang mengawali karir sebagai bintang sinetron tersebut.

Cloud9 Challenge

Untuk melibatkan penggemar dan menebarkan positive vibe, Cinta membuat tantangan bagi penggemarnya, Kiehlers. Lewat akun Instagram-nya, Cinta mengunggah video TikTok ketika dirinya menarikan bagian refrain lagu Cloud9 di pantai. Tantangan itu diberi nama Cloud9 Challenge.

”Gerakannya dibikin lebih simpel daripada koreografi aslinya kok,” ucapnya. ”Buat yang males olahraga, ini bisa buat latihan kardio juga,” tambahnya.

Nge-Dance Lagi

Cinta semakin jago nge-dance. Dalam proyek barunya, dia menggandeng koreografer Sandree Ha yang pernah bekerja sama dengan Agnez Mo, Shanty Paredes, dan Bunga Citra Lestari. Rencananya, klip video dance Cinta dirilis Juni nanti. ”Di situ akan kelihatan kalau gerakannya asyik dan unik banget,” katanya.

Persiapan Menuju EP

Setelah Vida, Caliente, dan Cloud9, Cinta Laura masih akan merilis satu single. Lagu itu masih terinspirasi irama Latin, yang merupakan salah satu genre favoritnya. Rencananya, lagu tersebut berjudul Secret.

Rupanya, Cinta menyiapkan mini-album alias extended play (EP). Isinya lagu-lagu yang dirilis tahun lalu dan tahun ini, plus dua lagu berbahasa Indonesia. ”Sekitar musim panas tahun ini aku rilis. Lalu, kalau keadaan membaik, Juli nanti aku mau showcase,” ungkapnya.

Lagu Baru yang Energik

Cinta punya single yang baru dirilis, Cloud9. Jika dibandingkan dengan dua lagu sebelumnya yang kental dengan nuansa Latin, Cloud9 punya nuansa musik yang asyik diputar saat party.

Liriknya mengajak untuk lebih kuat, happy, dan percaya diri dalam menjalani hidup. Tema girl power juga diangkat untuk menyemangati para perempuan. ”Yang ngerasa down, mood-nya bisa lebih baik dan lebih semangat,” kata Cinta lewat pesan suara.

Dengan mengangkat tema yang lebih empowering, Cinta ingin memberi warna baru. Menurut dia, musik Indonesia perlu banyak lagu yang isinya tidak melulu soal patah hati. ”Aku juga orangnya selalu energik dan jarang banget galau. Hehe…,” ungkap aktris film Target tersebut.

Sifat dan energi Cinta tecermin lewat lirik yang ditulisnya bersama Cazzy Opeia dan diproduseri Olof Lindskog di Stockholm, Swedia. Dua nama itu juga terlibat dalam produksi lagu-lagu bintang K-pop ternama seperti BTS dan Red Velvet. (*)