Jalan Tol Jawa-Sumatera Siap Dilalui, PT KAI Operasikan Lima KA Tambahan

20
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(NET)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Jalan Tol dan Jalan Arteri Nasional non-tol telah siap dilalui pemudik pada lebaran tahun 2022. Khusus untuk jalan tol, pria kelahiran Surakarta ini menyebut bahwa kesiapannya sudah mencapai 100 persen. Hanya saja beberapa rest area yang baru dibangun masih memerlukan tambahan fasilitas

”Saya instruksikan perlu segera dipasang toilet sementara berupa bilik-bilik toilet, minimal 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk wanita agar tidak terjadi antrean di rest area,” kata Basuki di Jakarta, kemarin (21/4). Untuk jalan nasional non tol, Kementerian PUPR kata Basuki menaruh perhatian pada kemantapan jalan dan jembatan.

Secara umum kemantapan jalan nasional dalam kondisi baik. Di Pulau Jawa, ruas jalan arteri utama seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah dalam kondisi bagus. Sementara ruas yang sebelumnya dalam perbaikan seperti ruas Pantuan Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga sudah rampung.

Dengan begitu diharapkan tidak terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut. Selain koridor utama jalan nasional, Basuki mengatakan pihaknya juga memastikan jalur-jalur sirip dalam kondisi siap.

”Dari Cirebon ke Cilacap sudah bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura, Tengah dan Selatan. Sehingga di Pulau Jawa ini ada 3 jalur: Pantura di Utara, Tengah dan Selatan atau jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dengan pemandangannya yang indah,” jelas Basuki.

Beberapa jembatan yang sebelumnya dalam pembangunan juga dinyatakan telah siap sebelum lebaran. Belum lama ini kata Basuki pihaknya merampungkan pembangunan Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang yang baru diresmikan dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan yang sudah selesai diperbaiki.

”Jembatan Ploso di Jombang itu yang di atas Sungai Brantas, pengganti dari jembatan lama yang kalau dilalui bergetar dan macet sekarang sudah ada Jembatan Ploso yang sekitar dua minggu lalu sudah kita buka. Sementara Jembatan Ngaglik di Lamongan telah beroperasi dan dapat dilintasi oleh kendaraan mulai 17 April lalu,” papar Basuki.

Selanjutnya untuk Pulau Sumatera, Menteri Basuki menyatakan PUPR sudah merampungkan perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan. ”Saya sudah seminggu lalu ke sana, sudah saya minta ditambah menjadi lima tim untuk perbaikan 150 lubang yang ada, dan sekarang sudah selesai,” ujarnya.

Basuki mengatakan, kelancaran perjalanan mudik tahun ini akan tergantung pada tiga hal, pertama adalah prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi/manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono sendiri melakukan perjalanan untuk menjajal mudik jalur selatan. Ia mengatakan, jalur selatan saat ini sudah bisa dilakui dari Yogyakarta hingga Kediri. Melewati beberapa kabupaten seperti Wonogiri, Pacitan, Trenggalek hingga Kediri, Jawa Timur.

Dari hasil pemantauannya, Djoko menyampaikan bahwa jalur selatan Jawa dari Yogyakarta hingga Kediri cukup memadai sebagai jalur alternatif untuk dilalui pemudik. Selain infrastruktur jalan yang baik, Djoko menilai jalur selatan Jawa ini memiliki ragam kuliner yang cukup banyak.

”Jalur pantai selatan Jawa memadai untuk jalur mudik, pemandangan bagus dan pilihan-pilihan seandainya masyarakat ingin wisata kuliner itu dimungkinkan,” kata Djoko saat tiba di Kediri.

Sementara Kabagops Korlantas Polri Kombespol Eddy Djunaedi menuturkan, ada berbagai hambatan baik di jalan tol dan jalan arteri. Untuk di jalan tol hambatannya yakni, gerbang tol, bottle neck, rest area dan kendaraan mogok. ”Ini beda lagi di jalan arteri,” paparnya.

Untuk di jalan arteri ada sejumlah hambatan berbeda, seperti pasar tumpah, pembangunan masjid dan perlintasan kereta api. Dia menuturkan, diharapkan masyarakat mengetahui bila ada hambatan dan ketersendatan. ”Pemudik harus mengetahui,” ujarnya.

Selanjutnya, Korlantas juga berupaya menyempurnakan cara bertindak dalam rekayasa lalu lintas untuk mudik 2022. Karena itu Korlantas akan melakukan ujicoba contraflow dan ganjil genap pada 22 Mei dan 23 Mei. ”Ini juga bentuk sosialisasi,” urainya.

Dengan begitu diharapkan nanti saat puncak arus mudik, petugas bisa benar-benar maksimal memperlancar arus kendaraan. ”Sesuai surat edaran bersama ada pengecualian ya, untuk iring-iringan presiden, wapres, menteri, DPR,MPR, ambulans dan kendaraan tertentu,” jelasnya.

Baca Juga:  Jamin Pasokan Daging Aman, Pemerintah Diminta Proaktif Atasi Kasus PMK

Dia berharap, masyarakat akan patuh aturan lalu lintas. Sekaligus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. ”Semoga lancar, aman dan sehat,” paparnya.
Libur lebih Cepat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap masyarakat bisa mudik lebih cepat. Kemudian saat arus balik, tidak buru-buru kembali ke Jakarta dan sekitarnya dulu. ”Kami mencoba koordinasi dengan teman-teman semua, khsuusnya kementerian dan swasta. (supaya) bisa meliburkan atau mencutikan lebih cepat,” kata Listyo di kantor PBNU Jakarta, kemarin (21/4).

Dia menjelaskan dengan adanya kebijakan libur atau cuti lebih cepat, aktivitas mudik tidak menumpuk pada H-3 lebaran. Sebab jika semua pemudik menumpuk pulang di waktu tersebut, bakal memicu macet luar biasa. Listyo bahkan berharap pemudik bisa mulai mengambil libur dan pulang kampung pada H-8 atau H-7 lebaran.

Kemudian saat arus balik, tidak langsung kembali ke Jakarta. ”Menunggu di kampung dulu sambil bekerja online (work from home/WFH),” katanya. Listyo memahami mudik tahun ini ditunggu banyak orang. Sebab dua tahun terakhir tidak bisa mudik akibat pandemi Covid-19. Sehingga, potensi pemudik tahun ini diperkirakan sangat luar biasa.

Lisyo menjelaskan ada beragam jalur mudik yang bisa dipilih warga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Tujuan mudik terbesar adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pemudik tidak harus mengambil jalur pulang kampung lewat tol semuanya. Dia mengatakan pemudik juga bisa mengambil jalur selatan dan jalan alternatif lainnya.

Dia mengingatkan mudik tahun ini masih berada di situasi pandemi Covid-19. Pengalaman dari beberapa kali momen lebaran, serta nataru (Natal dan tahun baru) belakangan, selalu memicu kenaikan kasus Covid-19. Listyo tidak ingin momen mudik lebaran kali ini memicu penambahan kasus Covid-19 yang signifikan.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat yang belum vaksin booster untuk segera vaksin booster. Sehingga, kegiatan mudiknya aman. Pemudik tidak mambawa virus Covid-19 ke kampung halamannya. Dia mengatakan pada saat masa mudik nanti, Polri dan instansi terkait menyiapkan gerai-gerai vaksinasi.

”Silakan yang belum sempat booster, untuk memanfaatkannya,” katanya. Yang penting sudah berjarak tiga bulan dari suntikan dosis kedua.

KAI Operasikan Kereta Tambahan

Sementara itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api untuk Angkutan Lebaran 1443 H / 2022 M. 3 rangkaian kereta tambahan dengan total 92 perjalanan KA selama periode lebaran.

Setiap harinya, rata-rata 6 perjalanan KA yang akan beroperasi pada periode 24 April sampai 10 Mei 2022 dengan kapasitas total tempat duduk KA-KA tambahan ini yakni 58.940 tempat duduk atau rata-rata 3.467 tempat duduk per hari.

Tiga rangkaian tambahan tersebut adalah KA Tambahan Gambir-Solo Balapan yang beroperasi 25 April sampai 9 Mei 2022, KA Tambahan Solo Balapan-Gambir beroperasi 25 April hingga 9 Mei 2022, KA Tawang Jaya relasi Semarang Poncol-Pasar Senen yang beroperasi 25 April hingga 9 Mei 2022.

Kemudian KA Jaka Tingkir dari Purwosari-Pasar Senen yang beroperasi 24 April sampai 9 Mei 2022, kemudian arah sebaliknya beroperasi 25 April sampai 10 Mei 2022. ”Penambahan perjalanan kereta api kami sediakan untuk masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik atau balik di rute-rute favorit pada masa angkutan lebaran tahun ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Masyarakat dapat membeli tiket KA-KA tambahan tersebut mulai 21 April di KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Joni mengatakan, dengan adanya penambahan perjalanan kereta api ini, maka total terdapat 4.454 perjalanan KA Jarak Jauh dengan kapasitas tempat duduk mencapai 2.484.806 tempat duduk selama masa Angkutan Lebaran 2022.

Sampai dengan 21 April, KAI telah menjual 1.199.368 tiket KA Jarak Jauh atau 48 persen dari total tiket yang disediakan. Rute-rute favorit masyarakat pada masa angkutan lebaran tahun ini yaitu Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Malang pp. Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 Mei dan 8 Mei. (tau/wan/idr/jpg)