Permudah Bikin SIM di Masa Pandemi, Singgamata Raih Pin Emas Kapolri

258

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Singgamata menerima penghargaan pin emas dari Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz yang diserahkan secara virtual, Kamis (26/11/2020).

Penghargaan diberikan kepada Kombes Pol Singgamata karena inovasinya bisa memangkas birokrasi dan waktu pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional.

Terobosan itu juga bentuk layanan prima Polri kepada masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di ruang pelayanan publik.

Para pemohon SIM Internasional cukup  mengakses secara online atau dalam jaringan (daring). Inovasi ini telah diluncurkan bertepatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Ketika itu, Singgamata menjabat Kasubdit SIM Direktorat Regident Korlantas Mabes Polri.

“Alhamdulillah, (penghargaan ini, red) semuanya datang dari Allah, berkat arahan dan bimbingan Kakorlantas dan Dirregident. Terima kasih untuk semua tim Subdit SIM dan tim teknis IT atas kerja samanya yang baik,” ucap Singgamata, Jumat (27/11/2020).

Menurutnya, dengan sistem ini pembuatan SIM internasional dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Aksesnya juga bisa dengan cara mengakses lewat browser di ponsel atau komputer. Cukup menulis kata kunci SIM internasional.

Baca Juga:  Jalan Riau-Sumbar Tertimbun Longsor, Kendaraan Padat Merayap

Kemudian, akses siminternasional.korlantas.polri.go.id dan registrasi secara daring. Mengisi data diri dengan mengunggah foto SIM yang masih berlaku, KTP, paspor, foto KITAP (khusus WNA), pasfoto dengan warna latar belakang putih dan foto tanda tangan.

Pemohon selanjutnya memilih cara pengambilan SIM internasional. Pengambilannya dapat dilakukan dengan datang ke Kantor Pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim ke rumah melalui jasa pengiriman PT. Pos Indonesia atau Gojek.

“Jadi, simpel kan. Pemohon cukup buka siminternasional.korlantas.polri.go.id dan ikuti petunjuk-petunjuknya. Dan, SIM Internasional akan tiba di rumah. Kalau untuk masyarakat, jika bisa dipermudah, mengapa tidak,” katanya.

Singgamata dikenal sebagai perwira yang dekat dengan berbagai kalangan, senang diberi masukan dan selalu berinovasi di manapun ditugaskan guna memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan.

Ketika menjabat Dirlantas Polda Sumbar, dirinya juga banyak melakukan terobosan. Salah satunya melibatkan pemda, tokoh masyarakat dan pedagang dalam  mengatasi kemacetan parah di jalan lintas Padang-Bukittinggi via Kotobaru yang sudah terjadi puluhan tahun terutama ketika mudik.(rel)

Previous articleMemakai Gedung Tua, Situ Koffie Tawarkan Alternatif Tempat Ngopi
Next articleInilah Rekomendasi Smartphone di Bawah Rp2 Juta dari Samsung