Tegaskan tak ada Dispensasi Mudik, Santri Diminta Hindari Kerumunan

533
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (net)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kemarin (28/4) mengumumkan tidak ada dispensasi larangan mudik baru para santri. Pengumuman ini sedikit terlambat. Karena pada kenyataannya hampir seluruh santri sudah pulang mudik ke rumah masing-masing.

Keterangan bahwa mayoritas santri sudah pulang ke rumah masing-masing itu disampaikan Ketua Umum Rabitah Ma’ahid Islamiyah (RMI) atau Asosiasi Pesantren PBNU KH Abdul Ghofar Rozin. ”Rata-rata pesantren sudah memulangkan santrinya. Begitu mendengar penyekatan (mudik, red) dimulai lebih awal,” katanya kemarin (28/4).

Pria yang akrab disapa Gus Rozin itu mengatakan, sejauh ini dari pantauan mereka, pesantren memulangkan santrinya dengan penuh tanggung jawab. Yaitu melalui fasilitas transportasi yang sudah disiapkan oleh pesantren. Ada juga wali santri yang menjemput langsung anaknya di pesantren. Sehingga mengurangi resiko penularan Covid-19 di transportasi umum.

”Selain itu, juga melalui skrining tes GeNose bagi pesantren yang sudah memilikinya,” katanya. Gus Rozin juga mengingatkan kepada para santri ketika berada di rumah selama libur Ramadan dan Idul Fitri, untuk membatasi kegiatan di luar rumah.

Baca Juga:  WNA China Masuk Indonesia, Athari: Harusnya Dilarang Untuk Seluruhnya

Begitupun kegiatan silaturahmi saat lebaran juga dibatasi. Kegiatan silaturahmi bisa dilakukan dengan menggunakan video konferensi. Harapannya bisa menekan potensi penularan Covid-19 dari adanya kerumunan selama Idul Fitri. Kegiatan lain seperti mengunjungi tempat wisata selama lebaran sebaiknya juga dihindari terlebih dahulu.

Gus Rozin lantas mengatakan saat nanti para santri kembali ke pesantren, sebaiknya dilakukan penanganan yang tepat. Seperti dilakukan skrining atau tes ulang kepada santri sebelum masuk ke pesantren. Sehingga bisa dipastikan santri yang kembali masuk ke pesantren benar-benar bebas dari virus Covid-19.

Lebih lanjut Menag Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, pemerintah tidak memberikan dispensasi khusus kepada santri dalam kebijakan larangan mudik lebaran tahun ini. Harapannya dapat menjaga keselamatan jiwa bersama dari bahaya penularan Covid-19. (wan/jpg)

Previous articleUngkap Dugaan Keterlibatan Azis Syamsudin, KPK Geledah Gedung DPR RI
Next articleKerugian Matahari semakin Besar, 13 Gerai bakal Ditutup