Nataru, Petasan Dilarang

46
ilustrasi petasan. (dok.JawaPos.com)

Pemko Padang melarang penjualan dan penggunaan petasan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum (tratibum).
Penjualan maupun penggunaan petasan saat Nataru tetap tidak boleh demi menjaga ketentraman dan ketertiban umum,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Padang Andree H Algamar kepada Padang Ekspres, kemarin (22/12).

Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat penegak Perda. Penegakan larangan penjualan dan penggunaan petasaan saat Nataru nanti dilakukan Satpol PP Padang. “Kalau pengawasan dan penegakan larangan petasan itu wewenang Satpol PP Padang. Pengawasan dan penegakan nanti dilakukan Satpol PP Padang,” imbuh Andree.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Padang Alfiadi menyebut pihaknya akan menerjunkan 60 anggota Satpol PP untuk mengawasi penjualan dan penggunaan petasan jelang dan saat Nataru.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat, khususnya para pedagang agar tidak menjual petasan di masa Nataru. “Kalau ada yang membandel akan kita proses sesuai aturan, karena telah mengganggu trantibum. Sanksinya bisa kita sita bahkan bisa dipidana oleh pihak kepolisian,” ucap Alfiadi. (i)

Previous articleRp 1,5 T untuk Pembangunan Madrasah
Next articleSimpan Sabu, Dua Pelaku Diringkus