Aturan tak Tertulis di Juve: Ronaldo iMac, Szczesny Headphone

Cristiano Ronaldo. (AFP)

Bukan hal aneh ketika para pemain Juventus sepakat merelakan tidak gajian selama empat bulan. Sebab, skuat La Vecchia Signora itu memang terbiasa dengan penerapan aturan tidak tertulis sejak era kepelatihan Massimiliano Allegri (2014–2019).

Sebagaimana yang dilansir Sport Bible Minggu (29/3), Cristiano Ronaldo yang berstatus superstar tidak kebal dengan aturan tersebut saat awal bergabung dengan Juve musim lalu atau musim terakhir Allegri. Termasuk aturan yang ditetapkan Allegri kepada pemain Juve untuk memberikan hadiah kepada rekan setim saat menerima kartu merah.

Ronaldo mengalaminya setelah diusir wasit asal Jerman, Felix Brych, dalam matchday pertama Liga Champions musim lalu kontra Valencia di Estadio Mestalla (20/9/2018). Gara-garanya, CR7 kedapatan memukul kepala bek tengah Los Ches Jeison Murillo pada menit ke-29.

Sesuai dengan kesepakatan yang ditetapkan Allegri, Ronaldo harus memberikan hadiah kepada semua pemain Juve imbas kartu merah pertamanya di Liga Champions tersebut. Ketika itu Ronaldo memilih iMac terbaru untuk dibagikan kepada Giorgio Chiellini dan kawan-kawan. Pemain 35 tahun tersebut memberikannya dua bulan berselang.

Cerita itu ternyata berasal dari kiper Juve Wojciech Szczesny saat tampil dalam talk show Polandia berjudul Prosto w Szczesne. Dalam nukilan video berdurasi 19 menit 24 detik tersebut, Szczesny juga memberi tahu bahwa ada peraturan lainnya yang harus dipatuhi pemain saat Allegri masih berkuasa. Salah satunya ketika terlambat datang latihan.

Penjaga gawang 29 tahun itu pernah menjadi korban. Szczesny beralasan bahwa dirinya sempat bingung dengan waktu yang tepat untuk jadwal latihan tim. Ujung-ujungnya, mantan portiere Arsenal dan AS Roma tersebut datang terlambat dan harus memberikan headphone merek Beats by Dre kepada rekan setimnya sebagai hukuman. ”Aku juga harus mengatakan kepada semuanya (saat menyerahkan hadiah, red) bahwa laki-laki sejati selalu taat aturan,” ucapnya.

Bocoran Szczesny menjadi jawaban bahwa peraturan yang diterapkan Allegri berbanding lurus dengan rekor disiplin Juve. Selama era Allegri, hanya 21 kartu merah dibukukan pemain Juve selama lima musim. Bahkan, pada musim 2016–2017, Juve hanya mencatat dua kartu merah. Bandingkan ketika Juve dilatih Maurizio Sarri musim ini. Sudah tiga kartu merah keluar dari saku wasit untuk pemain La Vecchia Signora. (*)