Payakumbuh Basketball Grand Event 2022 Ditabuh, Puluhan Tim Basket Berlaga

49
DIGELAR: Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melakukan jump ball pada pembukaan Payakumbuh Basketball Grand Event 2022, Sabtu, (30/7).(SY RIDWAN/PADEK)

Puluhan tim basket dari Provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Bengkulu berlaga Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022 yang berlangsung di GOR Tipe B, Tanjuang Pauh, Kota Payakumbuh.

Selain tim basket dari empat provinsi, event yang digagas Perbasi dan didukung Pemko Payakumbuh juga mempertandingkan tim basket dari sejumlah SD, SMP dan SMA.

Pembukaan pertandingan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang ditandai dengan tembakan (shooting) ke ring basket, dan diikuti Ketua KONI, kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Ketua Perbasi Payakumbuh serta tokoh masyarakat, Isnaldi.

“Kami berharap pertandingan yang dilaksanakan Perbasi Payakumbuh bisa menciptakan atlet-atlet yang siap membela daerah. Tidak saja di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tapi juga tingkat nasional,” kata Riza Falepi di GOR Tanjung Pauah, Sabtu (30/7). Ia mengatakan, Pemko Payakumbuh akan terus melengkapi berbagai sarana olahraga di Payakumbuh.

Ketua Perbasi Payakumbuh, Ledo Putra menyebutkan dalam event tahun 2022 ini juga dipertandingkan beberapa kategori yakni peserta didik mulai dari tingkat SD hingga SMA, KU 2004, Veteran dan Executive.

Baca Juga:  Ribuan Atlet Perebutkan Piala Ketum Forki Sumbar Andre Rosiade

Selain untuk menciptakan atlet basket juga untuk terus memasyarakatkan olahraga basket, sebab di sekolah-sekolah sudah banyak sarana lapangan basket yang dibangun.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana, Robby Prakarsa menyebutkan antusias peserta tinggi dalam event ini. “Event ini juga menjadi tolok ukur bagi masing-masing daerah atau peserta mengukur kemampuan.

Payakumbuh Basketball Grand Event 2022 sendiri telah dimulai sejak tanggal 17 Juli dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang. (rid)