Tak Mulus di Laga Perdana

68
ilustrasi. (net)

Perjalanan uji coba timnas Indonesia U-19 di Kroasia, tidak berjalan mulus. Sebab, padal laga perdananya di International U-19 Friendly Tournament 2020, tim berjuluk Garuda Muda itu takluk tiga gol tanpa balas.

Namun sebenarnya, sebagaimana dilansir laman resmi PSSI, pada laga yang digelar di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Sabtu (5/9) malam WIB itu, Indonesia bermain tanpa beban. Anakh asuh Shin Tae-yong bahkan sanggup menahan Bulgaria 0-0 pada babak pertama.

Tapi petaka datang di babak kedua. Yakni sekitar 15 menit terakhir di man Bulgaria mampu menciptakan tiga gol. Yakni lewat Martin Petkov di menit ke-78 serta 88’ dan Stanislav Shopov menit ke-82.

Usai pertandingan pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengatakan, para pemain sudah berjuang pada pertandingan kali ini. Ia menyebut terciptanya gol karena pemain konsentrasinya berkurang.

“Hasil pertandingan seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kami tidak masalah meski harus kalah. Yang jelas tim masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi dan para pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya di pertandingan ini,” kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, pemain belakang Bayu Mohammad Fiqri mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya sudah bekerja keras pada laga ini. Ia mengakui bahwa hasil memang belum bisa diharapkan. Hal ini karena tim masih berproses.

Baca Juga:  Tour Jambi: Semen Padang FC Menang Telak

”Kami kehilangan fokus saat terjadinya gol tadi. Bulgaria tim yang bagus dan kita juga mendapat pengalaman yang berharga di laga uji coba nanti. Pada uji coba selanjutnya kami akan berusaha meningkatkan permainan kami,” kata Bayu.

Pada laga tersebut Indonesia turun dengan formasi 4-4-2. Dalam starting XI, Shin Tae-yong memainkan Muhammad Adi Satryo sebagai penjaga gawang. Lalu empat bek diisi Bayu M. Fiqri, Komang Tri Arta, Rizky Ridho, Mochamad Yuda Febrian. Sedangkan empat gelandang dipercayakan kepada Andi Irfan, David Maulana, Komang Teguh, dan Witan Sulaeman. Di depan ada duet Saddam Emiruddin Gaffar dengan Irfan Jauhari.

Setelah melawan Bulgaria, Indonesia akan menantang Kroasia besok. Lalu pada 11 September mendatang, berduel dengan Arab Saudi. Pada hari yang sama, Sabtu lalu itu, Kroasia mengalahkan Arab Saudi dengan skor 4-3.

Selain mengikuti turnamen tersebut, skuat Garuda Muda juga akan melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini. (cip)