Kemenpora Respons Wako Padang, Bangun Stadion Sepakbola Internasional

67

Sehari usai dilantik sebagai Wali Kota Padang oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Hendri Septa langsung tancap gas menjemput bola ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta.

Dalam kunjungan yang disambut Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora Maifrizon itu, Hendri menyampaikan rencana Pemko Padang membangun stadion sepakbola bertaraf Internasional.

Maifrizon yang juga urang awak itu, menyambut baik rencana tersebut dan menyatakan pihaknya dari Kemenpora siap untuk memberikan rekomendasi.

“Kita mendukung dan siap memberikan rekomendasinya,” janji Maifrizon kepada Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Kadispora Mursalim, Kadis Koperasi Syuhandra, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis dan Kabid Pemuda dan Olahraga Yuherdi, Kamis siang (8/4/2021) di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Pemerintah Kota Padang berencana membangun stadion bertaraf internasional karena setelah GOR Haji Agus Salim diambil alih pengelolaannya oleh Pemprov Sumbar, kini pemko tidak lagi memiliki stadion representatif menunjang kemajuan olahraga sepakbola di Padang.

Maifrizon menjelaskan, bahwa kewenangan membangun stadion sepak bola saat ini berada pada Kementrian PUPR, sedangkan Kemenpora memberikan rekomendasi.

“Untuk membangun stadion sepakbola bertaraf internasional dibutuhkan tanah minimal seluas 3 hektare. Tanah tersebut harus milik pemerintah yang dibuktikan dengan adanya sertifikat dan memiliki Inpres. Jika Pemko Padang ingin membangun stadion tersebut agar memperhatikan syarat-syarat tersebut,” ujarnya.

Hendri Septa mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Padang akan mengupayakan tanah milik pemko seluas 3 hektare untuk pembangunan stadion sepakbola bertaraf internasional tersebut.

“Untuk itu mohon bantuan Kemenpora RI agar bisa memfasilitasi membangun stadion sepakbola di Kota Padang. Sehingga nantinya Kota Padang memiliki stadion yang refresentatif dan menjadi kebanggaan bagi Kota Padang ke depannya,” harap Hendri.

Sebelum ke Kemenpora, Hendri Septa mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis pagi (8/4/2021) untuk menjajaki kerja sama percepatan pengembangan sektor pendidikan  di Kota Padang. Hendri dan rombongan diterima Direktur SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Muliatsyah danDirektur SD Sri Wahyuni Ningsih.

Baca Juga:  Warga Kota Padang Diimbau Shalat Ied di Rumah, Objek Wisata Ditutup

Resmi Pimpin Padang

Sebagaimana diketahui, Hendri Septa resmi dilantik menjadi wali kota Padang menggantikan Mahyeldi Ansharullah yang “naik kelas” menjadi Gubernur Sumbar pada Pilkada 2020 lalu.

Sebelumnya, Hendri menjabat wakil wali kota mendampingi Mahyeldi setelah terpilih pada Pilkada 2019 lalu. Ketika Mahyeldi terpilih jadi gubernur, Hendri menjabat Plt Wali Kota Padang dan baru dilantik jadi wali kota defenitif, Rabu (7/4/2021).

Pelantikan Hendri Septa dilakukan Gubernur Mahyeldi di Auditorium Istana Gubernuran Sumbar.

Wali kota kelahiran Padang 6 September 1976 itu, dilantik berdasarkan Surat  Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.13-686 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Wali Kota Padang dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Wali Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

“Alhamdulillah wasyukurillah, hari ini saya dilantik sebagai Wali Kota Padang meneruskan masa kepemimpinan periode jabatan 2019-2024. Terhitung hari ini saya akan bekerja keras menjalankan visi-misi kota Padang dan semua program unggulan (progul) yang telah dijanjikan bagi warga Padang dan itu akan kami lakukan secara terukur,” ujarnya.

Sekaitan gebrakan yang akan dilakukan di awal kepemimpinannya, Hendri pun menyebut dari sejumlah hal yang akan dilakukan Ia akan memantapkan pelaksanaan 11 progul yang telah dimasukkan ke RPJMD Kota Padang 2019-2024.

“Alhamdulillah dari informasi Bappeda Kota Padang capaian hasil implementasi progul kita sampai saat ini sudah 46,59 persen. Masih banyak lagi tentunya yang mesti kita lakukan dan kejar ke depan untuk menuntaskannya, seperti penambahan ruang kelas baru, pembuatan youth center, betonisasi jalan, penanggulangan banjir dan lainnya. Selain itu kita juga fokus menangani pandemi Covid-19 yang masih mewabah,” tukasnya.(rel)

Previous articleTetap Terapkan Prokes, 40 Pegawai PLN Sumbar Divaksin Tahap II
Next articleSambut Ramadhan, XL Axiata Perkuat Kualitas Jaringan dan Tebar Promo