UFC 249 Bakal jadi Pioner Ajang Olahraga Tanpa Penonton

Tony Ferguson akan melawan Justin Gaethje pada UFC 249 pada 9 Mei 2020 waktu Amerika Serikat atau 10 Mei WIB. (Hans Gutknecht/Digital First Media/Los Angeles Daily News)

Sudah dua bulan terakhir warga Amerika Serikat (AS) tidak menikmati tontonan olahraga. Semua event dihentikan akibat pandemi covid-19. Penantian tersebut akan berakhir Minggu (10/5) saat UFC 249 akhirnya bisa dipentaskan tanpa penonton. Itu akan menjadi event olahraga pertama yang kembali bergulir di AS.

Sebagai petarung UFC, Tony Ferguson sangat akrab dengan cedera dan darah. Rekor kemenangan 12 laga beruntun sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan keberingasannya di atas octagon. Namun, dia tak pernah membayangkan betapa tidak mengenakkannya mengikuti tes swab.

Keberingasan bertarung Ferguson langsung lenyap kala menghadapi tim medis UFC kemarin. Dalam unggahan video pendek di Instagram-nya, Ferguson tampak sedang menjalani tes swab covid-19 setiba di hotel tempat dirinya menginap di Jacksonville, Florida.

Dalam video itu, seorang petugas medis mengambil sampel dari dua lubang hidungnya. Setelah beberapa kali diputar-putar, alat swab tersebut dikeluarkan lagi. Petarung 36 tahun itu langsung menampakkan raut muka tidak nyaman. Sambil menahan sakit, dia menggerutu. ”Ohhh, rasanya sangat aneh,” ucap petarung berjuluk El Cucuy tersebut seperti dilansir MMA Mania.

Alat swab itu memang harus masuk cukup dalam ke rongga pernapasan untuk mengambil sampel apus. Kebanyakan pasien memang langsung mengeluarkan air mata saat itu juga.

Seperti janjinya, UFC menerapkan aturan ketat untuk para staf, petarung, dan tim ofisial menjelang berlangsungnya event UFC 249 pada Minggu nanti di VyStar Veterans Memorial Arena di Jacksonville, Florida.

Kemarin mereka sudah berdatangan ke kota tersebut. Setiba di hotel, para petarung dan rombongan diwajibkan menjalani dua kali tahapan tes. Yang pertama tes covid-19. Satu lagi tes antibodi untuk mengetahui kondisi imunitas tubuh.

Setelah menjalani dua tahapan tes, mereka tetap dilarang berkerumun dalam rombongan besar. Setiap petarung diberi ruang latihan sendiri-sendiri. Makanan juga bakal dikirim ke kamar masing-masing. Kamar petarung maupun staf setiap hari akan dibersihkan dengan pendampingan tim medis. Mereka juga diwajibkan menjalani cek kesehatan harian.

Sebelum rombongan fighter tiba di Florida, UFC juga mengirimkan e-mail kepada setiap petarung. Isinya adalah panduan lengkap protokol kesehatan selama berada di Florida. ”Kami berusaha melakukan semua seaman-amannya,” ucap Dr Donald Muzzi, kepala tim medis dari Komisi Tinju Negara Bagian Florida, sebagaimana dilansir Reuters.

Presiden UFC Dana White juga memastikan bahwa kesehatan serta keselamatan seluruh individu yang terlibat di event itu benar-benar diperhatikan. Pria berkepala plontos tersebut mengaku menghabiskan biaya superbesar untuk memberlakukan protokol kesehatan.

”Memang tidak ada yang bisa menggaransi semua akan berjalan aman 100 persen. Tapi, kami telah melakukan banyak hal untuk membuat semua berjalan sesuai dengan rencana,” ujar White.

Dia juga berharap hajatan UFC itu bisa menjadi pelecut bagi event olahraga lain untuk segera kembali bergulir. Pihaknya akan senang hati berbagi tip terkait dengan panduan menggelar event di tengah pandemi covid-19 seperti ini. ”Aku mengirimkan dokumen setebal 30 lembar untuk meyakinkan pemerintah setempat agar memberikan izin,” ucapnya.

Ferguson yang bakal tampil pada partai utama melawan Justin Gaethje menyatakan sudah siap tempur. Duel itu memang hanya memperebutkan sabuk juara interim kelas ringan. Namun, Ferguson merasa pemenang dari pertarungan tersebut sebenarnya lebih pantas menyandang gelar juara definitif ketimbang Khabib Nurmagomedov yang saat ini menguasai gelar.

Nurmagomedov batal bertarung kontra Ferguson lantaran negara asalnya, Rusia, masih menerapkan karantina wilayah. Karena itu, dia tidak bisa terbang ke AS untuk bertarung.

”Pemenang duel ini adalah juara sejati kelas ini. Dia (Nurmagomedov) sudah tidak pantas menyandang gelar itu. Seharusnya pensiun saja,” koar Ferguson. White berjanji pemenang dari pertarungan itu langsung bersua Nurmagomedov. (irr/c19/cak/jpg)