108 Pukulan Telak Nunes

26
Amanda Nunes (kanan) menghajar Felicia Spencer pada ajang UFC 250 di UFC APEX, Las Vegas, 7 Juni WIB. (Foto: IST)

Amanda Nunes membuat sejarah pada UFC 250. Nunes menjadi petarung pertama, baik putra dan putri yang sukses mempertahankan gelar di dua kelas berbeda yakni kelas bantam dan bulu. Sambil memiliki status pemegang gelar tersebut. Belum pernah ada petarung UFC, baik putra dan putri, yang mampu melakukan sebelumnya.

Sejarah itu diciptakan setelah Nunes mengalahkan Felicia Spencer di UFC 250 yang digelar di UFC Apex, Las Vegas. Kemenangan itu membuat Nunes meraih gelar juara dunia kelas bulu. “Terima kasih banyak kepada pelatih saya, gym saya, keluarga saya, teman-teman saya, dan fans. Terima kasih kepada pencipta langit dan bumi atas semua kesempatan ini,” tulis Nunes di akun Twitter-nya.

Sejak ronde pertama pertarungan berjalan sengit. Spencer yang tidak diunggulkan memberi perlawanan. Dia tak cepat menyerah walaupun Nunes mampu mendaratkan dua pukulan telak ke wajah petarung asal Kanada itu.

Pada pertengahan ronde pertama kedua petarung mulai melakukan ground fighting. Nunes beberapa kali melepaskan sikutan ke tubuh Spencer. Namun, sang penantang sukses bertahan di ronde pertama meski darah keluar dari bagian kepala kiri.

Pada ronde kedua, baik Nunes dan Spencer sempat melakukan petarungan atas. Namun, Nunes gagal melancarkan pukulan telak. Sebaliknya, usaha Spencer untuk melakukan takedown dan melakukan pertarungan bawah juga gagal. Nunes mulai memiliki pukulan masuk di ronde ketiga, tapi Spencer mampu bertahan. Nunes seperti menunggu momen yang tepat untuk mendapatkan satu pukulan yang mampu membuat Spencer KO.

Pada pengujung ronde keempat kombinasi pukulan Nunes membuat Spencer hampir menyerah. Bahkan dahi Spencer sampai benjol. Spencer kemudian diselamatkan bel akhir ronde keempat ketika Nunes sedang melakukan kuncian leher.

Hingga akhir ronde keempat, total sudah 108 pukulan, tendangan, dan sikutan Nunes masuk ke Spencer. Pada ronde kelima, Nunes membuat darah keluar dari pelipis kanan Spencer lewat sikutan.

Wasit Herb Dean sempat menghentikan pertarungan pada satu menit terakhir karena Spencer tidak mampu melihat dengan baik akibat kucuran darah. Nunes akhirnya dinyatakan menang angka mutlak dengan skor 50-44, 50-44, dan 50-45 atas Spencer pada pertarungan ini. (jpg)