Bayern Muenchen Perkasa, Dortmund Jaga Peluang Juara

10
Pemain Bayern Muenchen Thomas Muller dan Robert Lewandowski merayakan keberhasilan mereka membobol gawang Bayern Leverkusen pada pekan ke-30 Bundesliga, Sabtu lalu. (Foto: IST)

Bayern Muenchen makin dekat dengan gelar juara Bundesliga musim ini setelah memantapkan posisinya di puncak klasemen lewat kemenangan dalam laga pekan ke-30 (lihat grafis).

Bertandang ke BayArena pada Sabtu (6/6) malam, Bayern menundukkan Bayer Leverkusen 4-2 untuk membuat tim asuhan Hansi Flick itu kini mengoleksi 70 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Kemenangan itu awalnya membuat Bayern memegang keunggulan sepuluh poin, tetapi dua jam berselang Borussia Dortmund (63) meraih kemenangan tipis 1-0 atas tamunya Hertha Berlin (38) di Signal Iduna Park.

Bayern kini hanya punya keunggulan tujuh poin, tetapi tetap berpeluang besar menajamkan rekor juaranya di Liga Jerman menjadi delapan musim secara beruntun. Sementara itu, Borussia Moenchengladbach (56) yang main lebih awal pada Jumat setempat menelan kekalahan 0-1 di markas SC Freiburg (41).

Tim peringkat keempat itu praktis tersisih dari perebutan gelar juara sebab kini tertinggal 14 poin di belakang Bayern dan tak mungkin mengejar jarak itu pada sisa empat pertandingan. Di Red Bull Arena, RB Leipzig (59) ditahan imbang 1-1 oleh juru kunci SC Paderborn (20).

Di atas kertas Leipzig masih bisa mengejar 11 poin ketertinggalan dari Bayern di sisa empat laga, tetapi Julian Nagelsmann membutuhkan campur tangan semesta untuk bisa menjadi juara. Pada laga lain, FSV Mainz (31) menang 2-0 di kandang Eintracht Frankfurt (35) untuk menciptakan jarak aman tiga poin dari zona degradasi.

Namun, Borussia Dortmund masih menjaga peluang juara di Bundesliga, setelah mengalahkan Hertha Berlin dengan skor 1-0 dalam laga di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (7/6) dini hari WIB. Gol semata wayang dalam laga tersebut dicetak Emre Can.

Kemenangan itu membuat Dortmund menempati posisi kedua klasemen dengan 63 poin atau tertinggal tujuh poin dari Bayern Muenchen yang memuncaki klasemen. Jarak itu masih bisa dikejar mengingat musim masih menyisakan empat pertandingan jika hasil sisa laga memihak tim Lucien Favre.

Sementara itu, Hertha (38) tertahan pada urutan kesembilan dan tertinggal lima poin dari zona kualifikasi Eropa, demikian catatan laman Liga Jerman. Pertandingan diawali aksi solidaritas untuk George Floyd, korban kekerasan rasial oleh polisi di Amerika Serikat, dengan seluruh skuat kedua tim berlutut memberi penghormatan.

Dortmund tampil mendominasi pertandingan sejak awal pertandingan, tetapi peluang bagus pertama yang diperoleh berakhir melenceng ke sisi gawang dari tembakan Thorgan Hazard. Enam menit awal babak kedua Hazard mengirim umpan tarik matang ke muka gawang, tetapi penyelesaian Jadon Sancho meleset dari sasaran.

Pada menit ke-57 Dortmund akhirnya memecahkan kebuntuan ketika Can menyelesaikan kombinasi menawan antara Julian Brandt dan Sancho. Pada menit-menit terakhir Sancho kembali membuang peluang menggandakan keunggulan Dortmund saat menerima umpan matang dari Raphael Guerreiro, tetapi penyelesaiannya dimentahkan oleh kiper Rune Jarstein.

Pekan depan, Dortmund akan bertandang ke markas Fortuna Duesseldorf pada Sabtu, ketika dalam laga lain Hertha menjamu Eintracht Frankfurt. (jpg)