Didukung Banyak Pihak, Rabani Sport Centre Diresmikan Gubernur Sumbar

122

Setelah melalui proses pengerjaan selama enam bulan, akhirnya kawasan olahraga terpadu, Rabani Sport Centre (RSC) milik warga Perumahan Puri Berlindo-Sumbar Mas selesai dibangun.

Rabani Sport Centre diinisiasi oleh Remaja Bhakti Nagari (pemuda/pemudi RT 04/RW15) Kubu Dalam Parak Karakah ini dilengkapi dengan sarana lapangan futsal, lapangan tenis, lapangan tenis meja, lapangan bulutangkis, lapangan takraw dan lapangan basket serta sasana karate dojo Rabani.

“Alhamdulillah, berkat kerja bersama dan dukungan berbagai pihak terutama warga Perumahan Puri Berlindo-Sumbar Mas akhirnya keinginan anak-anak Remaja Bhakti Nagari (Rabani) ini bisa diselesaikan. Kita betul-betul bangga, lapangan yang menelan biaya lebih kurang Rp 175 juta ini bisa dibangun dengan cara swadaya. Sungguh ini sangat luar biasa,” ungkap Ketua RT 04/RW 15 Kubu Dalam Parak Karakah HM Ridho dan Ketua Remaja Bhakti Nagari Fadlurrahman Isra kepada Padang Ekspres kemarin.

Menurut HM Ridho, apa yang bisa dilakukan oleh warga Perumahan Puri Berlindo-Sumbar Mas ini sungguh sangat mengejutkan.

Pasalnya, stigma bahwa warga perkotaan rendah capital sosialnya menjadi terbantahkan. Gaya hidup siapa lu, siapa gua tidak kami temukan di RT 04/RW 15 ini. Justru sebaliknya kami di sini merasa seperti sanak saudara sendiri.

“Ini menjadi bukti nyata bahwa kita sebagai warga perkotaan masih memiliki rasa dan capital sosial yang tinggi. Jiwa kebersamaan dan semangat kegotong royongan masih terjaga dengan baik. Badoncek dan mengumpulkan uang sebanyak Rp 175 juta untuk pembangunan inilah adalah buktinya,” papar M Ridho.

Sementara itu tokoh masyarakat perumahan Puri Berlindo-Sumbar Mas dr Heksan dan Refdiamon mengungkapkan bahwa capital sosial warga semakin kuat dan mengental semenjak Covid-19 mewabah.

“Covid membuat kami merasa saling membutuhkan. Covid membuat kami sesama tetangga seperti sanak saudara. Rasa inilah juga mengalir ke anak-anak Remaja Bhakti Nagari (Rabani) yang menginisiasi lahirnya lapangan ini,” ujar Heksan.

Sementara Refdiamon mengungkapkan untuk pembangunan lapangan ini warga melakukan tiga kali badoncek. Pada tahap pertama terkumpul dana sebamyak Rp 64 juta lebih dan dipergunakan untuk pemasangan fondasi tiang lapangan, pemasangan tiang, pemasangan besi skor tiang dan slof beton tiang di sekeliling lapangan.

Untuk tahap kedua terkumpul dana kembali sebanyak Rp 38 juta lebih yang dipergunakan untuk pemadatan dan pematangan lapangan serta pengecoran lantai lapangan. Sedangkan tahap tiga terkumpul dana Rp 62 juta yang dipergunakan untuk pemasangan kawat harmonica Galvanis, penerangan dan pengecatan lapangan.

Baca Juga:  Dobel-Dobel Terbaik untuk Conte

Diresmikan Gubernur

Setelah selesai dibangun, Kamis 8 April 2021 kawasan olahraga terpadu, Rabani Sport Centre diresmikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

“Ini adalah contoh dan perlu dicontoh oleh warga kita yang lain. Dalam kondisi seperti ini masih mampu melakukan pembangunan secara swadaya. Rabani betul-betul anak muda yang terbaik sesuai namanya sendiri Rabani yang berarti terbaik,” ujar Mahyeldi.

Selain meresmikan penggunaan Lapangan Rabani Sport Centre (Futsal, Tenis Lapangan, Batminton, Takraw, Tenis Meja dan Basket, Gubernur juga me-launching Daurah Ramadhan yang digelar oleh rumah Tahfiz Ahlul Quran.

Ketua yayasan Rumah Tahfiz Ahlul Quran dr Heksan mengungkapkan daurah kali ini kembali digelar dengan inhouse selama satu bulan penuh.

“Kegiatan seperti ini tak bisa kita lakukan tahun lalu karena kita dilanda pandemi korona. Namun tahun ini kembali dilakukan dengan jumlah santri yang lebih sedikit dan melaksanakan protokol kesehatan,” jelasnya.

Disamping me-launching Daurah Ramadhan, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar dengan warga Puri Berlindo-Sumbar Mas.

“Ini adalah pilot project bagi PMI untuk melakukan kerjasama langsung dengan publik. Kami harapkan dengan kerjasama ini PMI bisa lebih maksimal lagi membantu masyarakat,” ujar Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar.

Seperti diketahui, pembangunan Rabani Sport Centre dilakukan secara bertahap dengan pola swadaya. Kegiatan ini juga di-support penuh oleh PMI, Bank Nagari, dan Semen Padang.

Tak sampai disitu, kreativitas anak milenial di Perum Puri Berlindo-Sumbar ini juga memantik empati dan respons dari politisi muda nasional asal Sumbar Andre Rosiade. Bahkan, Andre turun langsung melihat dan membantu secara spontan pembangunan lapangan ini.

“Apa yang dilakukan remaja Rabani ini sangat menarik dan harus didukung. Saya akan bantu baik secara pribadi maupun melalui kelembagaan pembangunan kawasan olahraga terpadu ini,” ucap Andre saat berkunjung bulan Februari 2021 lalu.

Selain politisi, pengusaha dan PMI pun turun tangan membantu pembangunan ini. Toko peralatan oleahraga Ocean Sport juga turut membantu sehingga lapangan Rabani Sport Centre ini menjadi tuntas pembangunannya. (Two Efly-Padang Ekspres)

Previous articleEkonomi Kontraksi Minus 1,5%, Sumbar Konkretkan Tiga Sektor Strategis
Next articleIni Panduan Ibadah Ramadhan sesuai Prokes yang Diterbitkan Kemenag