Koneksi Oranje di Barca, Kesempatan Kedua Depay

FC Barcelona disebut-sebut semakin dekat mendapatkan striker Olympique Lyon dan juga timnas Belanda, Memphis Depay. (net)

Rencana entrenador Ronald Koeman memperkuat skuat FC Barcelona musim ini dengan sejumlah pemain timnas Belanda mulai terlihat. Setelah diklaim mencapai kesepakatan dengan gelandang Liverpool FC Georginio “Gini” Wijnaldum, Barca semakin dekat mendapatkan striker Memphis Depay.

Selain mengenal dengan baik kemampuan Depay semasa menangani Oranje –sebutan timnas Belanda– dua tahun terakhir, Koeman terkesan dengan performa striker 26 tahun itu sepanjang musim lalu. Depay menjadi aktor penting dalam kesuksesan Olympique Lyon (OL) menembus semifinal Liga Champions.

Bergabung dengan Barca sekaligus bisa memenuhi keinginan Depay kembali memperkuat tim besar Eropa. Lebih tepatnya, kesempatan kedua. Sebab, dia pernah memperkuat Manchester United selama 1,5 musim (2015–2016 dan paruh pertama 2016–2017).

Sayang, Depay yang masih berusia 22 tahun itu gagal bersinar. Mantan pemain PSV Eindhoven itu hanya membuat 7 gol dan 6 assist dari 57 kali penampilan di semua ajang.
Entraineur OL Rudi Garcia sudah merelakan seandainya Depay bergabung dengan Barca.

“Dengan catatan, Luis Suarez harus hengkang. Sebab, jika dia masih bertahan, tidak ada tempat bagi striker baru karena Lionel Messi sudah memutuskan bertahan,” kata Garcia seperti dilansir Telefoot.

Baca Juga:  (0) Chelsea vs Liverpool (2): Mahal yang Belum Meyakinkan

Berdasar Transfermarkt, market value Depay adalah EUR 44 juta (Rp 769,5 miliar). Nominal yang masih terjangkau oleh klub seperti Barca. Di Barca, Depay yang memiliki kaki terkuat adalah kaki kanan bisa melengkapi Messi dan Antoine Griezmann yang sama-sama kidal.

Sementara itu, mantan bintang Barca dan timnas Belanda Ronald de Boer mendukung kebijakan Koeman mendatangkan Gini dan Depay. Tapi, De Boer memperingatkan bahwa hanya berorientasi mendatangkan pemain Belanda bisa merusak ruang ganti Barca.

De Boer pernah mengalaminya semasa membela Barca pada 1999–2000. Kala itu, De Boer menjadi satu di antara lima pemain Belanda di skuat Barca asuhan Louis van Gaal selain saudaranya, Frank de Boer, striker Patrick Kluivert, serta bek kanan Michael Reizeger dan bek tengah Winston Bogarde.

“Total, ada 11 sampai 12 orang Belanda dalam skuat termasuk staf,” tuturnya kepada Goal. “Memang pelatih berhak memilih pemain kesukaannya, tetapi banyak pemain bagus juga di Spanyol,” imbuh De Boer. (io/c13/dns/jpg)