Timnas U-19 Rancang Persiapan Piala Dunia

Persiapan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 memang terbengkalai akibat pandemi Covid-19. Ketua PSSI Moch. Iriawan juga tidak membantahnya. Itulah yang diungkapkan Iwan Bule –sapaan akrab Moch Iriawan– mengaku pasrah lantaran pandemi korona membuat renovasi stadion untuk venue mandek.

Apalagi, FIFA membatalkan rencana kunjungan ke Indonesia pada akhir Maret. PSSI pun kian sulit karena tidak tahu stadion mana yang layak menurut FIFA. Di antara sebelas stadion yang diajukan, FIFA hanya bakal memilih enam stadion.

Beruntung, PSSI sudah menginspeksi sebelas stadion secara mandiri. Karena itu, Iwan Bule lebih dulu mengirimkan seluruh berkas hasil inspeksi kepada FIFA. ”Meski FIFA tidak datang, kami memang tetap mengirimkan berkas-berkas kesiapan stadion yang sudah dikunjungi PSSI. Ini dilakukan untuk memudahkan FIFA nanti,’’ kata Iwan.

’’Kami juga memaklumi, pada kondisi seperti saat ini, pemerintah belum bisa melakukan pembangunan, renovasi, maupun rehabilitasi stadion,’’ lanjutnya.

Selain masalah stadion, pihaknya memikirkan kelanjutan persiapan timnas Indonesia U-19 yang akan bermain di Piala Dunia U-20. Iwan mengungkapkan bahwa PSSI sudah punya rancangan tentang training camp timnas setelah pandemi korona.

Pihaknya bakal menggandeng dinas kesehatan (dinkes) di setiap provinsi melalui Kemenkes. Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah rapid test untuk penggawa timnas yang berada di daerah. ’’Agar pesepak bola dapat surat bebas Covid-19 dari dinas kesehatan setempat,’’ ujarnya.

Selain itu, jika jadwal TC sudah ditentukan, pihaknya akan berkoordinasi untuk lebih dulu menyemprotkan disinfektan. Baik di tempat para pemain timnas menginap maupun lokasi latihan. ’’Minimal dua hari sebelum para pemain, pelatih, dan ofisial timnas masuk,” paparnya.

PSSI juga bakal bekerja sama dengan beberapa pihak untuk memberikan pemahaman tentang Covid-19 kepada penggawa timnas sebelum sesi latihan dimulai. Edukasi yang diberikan terutama menyangkut masalah makanan dan sanitasi diri. ’’Ini merupakan langkah persiapan agar timnas bisa bersiap lagi ketika nanti pandemi mereda,’’ jelasnya. (*)